Amalan Asbabun Nuzul Surah Al-Kautsar

Amalan Asbabun Nuzul Surah Al-Kautsar

Posted on

SlingaDigital – Amalan Asbabun Nuzul Surah Al-Kautsar. Al-Qur’an, sebagai sumber utama ajaran Islam, tidak hanya merupakan petunjuk spiritual bagi umat Muslim tetapi juga merupakan harta intelektual dan budaya yang mengandung berbagai lapisan makna. Salah satu surah yang penuh dengan pesan dan hikmah adalah Surah Al-Kautsar.

setiap ayat Al-Qur’an membawa pesan yang mendalam dan relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga dengan Surah Al-Kautsar, yang bukan hanya sebuah bacaan yang indah tetapi juga memiliki asbabun nuzul (sebab turunnya) yang menarik untuk dipelajari.

Dalam artikel ini, kita akan menyelidiki sejarah dan konteks di balik turunnya Surah Al-Kautsar, menggali ke dalam peristiwa-peristiwa yang memicu penurunan ayat-ayat suci ini. Dari keadaan sosial hingga pengaruh langsung dari kehidupan Rasulullah SAW, mari kita merenungkan makna dan pesan yang terkandung dalam setiap kata yang diturunkan kepada beliau.

Bersiaplah untuk membenamkan diri dalam perjalanan intelektual dan spiritual yang mengungkap tabir sejarah surah yang memberi harapan dan ketenangan ini. kita akan menjelajahi asal mula turunnya surah ini, menyelami konteks sejarah dan peristiwa yang mempengaruhinya, serta merenungkan makna dan pelajaran yang dapat kita ambil dari ayat-ayatnya. Mari kita memulai perjalanan kita untuk memahami lebih dalam tentang surah yang penuh makna ini.

Baca Juga:  Pengertian Yasin 7 Mubin Untuk Jodoh

 

Amalan Asbabun Nuzul Surah Al-Kautsar

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ

innā a’ṭainākal-kauṡar

Artinya: “Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak.”

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ

fa ṣalli lirabbika wan-ḥar

Artinya: “Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).”

اِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْاَبْتَرُ

inna syāni`aka huwal-abtar

Artinya: “Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).”

Dalam surat Al-Kautsar sendiri terdapat beberapa pokok isi, diantaranya adalah:

Perintah untuk mendirikan sholat dan berkurban karean Allah SWT telah menurunkan nikmat yang banyak.
Rasulullah SAW akan memiliki pengikut yang banyak hingga hari kiamat.
Nama Rasulullah SAW akan tetap baik di dunia dan akhirat.

 

Amalan Asbabun Nuzul Surah Al-Kautsar

Imam Ahmad meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu terkait asbabun nuzul Surat Al Kautsar. Bahwa Rasulullah menundukkan kepalanya sejenak lalu beliau mengangkat kepalanya seraya tersenyum. Para sahabat bertanya, “Mengapa engkau tersenyum ya Rasulullah?”

Maka Rasulullah menjawab, “Sesungguhnya telah diturunkan kepadaku suatu surat.” Lalu beliau membaca Surat Al Kautsar. “Tahukah kalian apakah Al Kautsar itu?”

Mereka menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

هُوَ نَهْرٌ أَعْطَانِيهِ رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ فِى الْجَنَّةِ عَلَيْهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ يَرِدُ عَلَيْهِ أُمَّتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ آنِيَتُهُ عَدَدُ الْكَوَاكِبِ يُخْتَلَجُ الْعَبْدُ مِنْهُم فَأَقُولُ يَا رَبِّ إِنَّهُ مِنْ أُمَّتِى. فَيُقَالُ لِى إِنَّكَ لاَ تَدْرِى مَا أَحْدَثُوا بَعْدَكَ

Al Kautsar adalah sebuah sungai (telaga) yang diberikan kepadaku oleh Tuhanku di dalam surga. Padanya terdapat kebaikan yang baik. Umatku kelak akan mendatanginya di hari kiamat. Jumlah wadah-wadah (bejana-bejana)nya sama dengan bilangan bintang-bintang. Diusir darinya seseorang hamba, maka aku berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya dia dari umatku.” Maka dikatakan, “Sesungguhnya kamu tidak mengetahui apa yang telah dibuat-buatnya sesudahmu.” (HR. Ahmad; shahih)

Baca Juga:  Pengertian Ujian, Azab dan Istidraj Menurut Islam

Berdasarkan asbabun nuzul ini, sebagian ulama berpendapat surat Al Kautsar adalah madaniyah. Karena Anas bin Malik masuk Islam setelah Rasulullah hijrah ke Madinah. Namun ada pula yang berpendapat, surat ini turun di Makkah, lalu diturunkan lagi di Madinah. Ibnu Katsir dalam tafsirnya tidak memastikan apakah Al Kautsar ini makkiyah atau madaniyah.

Asbabun nuzul yang lain, surat ini turun berkenaan dengan Ash bin Wail. Dia menghina Rasulullah sebagai abtar (terputus) karena putra beliau meninggal sehingga nasabnya terputus. Lalu Allah menurunkan surat ini memberitakan bahwa Ash bin Wail yang telah memusuhi Rasulullah itulah yang abtar. Peristiwa itu terjadi di Makkah sehingga menjadi hujjah bahwa surat ini merupakan surat Makkiyah.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Amalan Asbabun Nuzul Surah Al-Kautsar yang bisa SlingaDigital Bagikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *