Amalan Sunnah Pada Hari Jumat

Posted on

SlingaDigital – Amalan Sunnah Pada Hari Jumat. Hari Jumat, dalam agama Islam, adalah hari istimewa yang penuh dengan berkah dan keberkahan. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutnya sebagai “Sayyidul Ayyam” atau pemimpin dari semua hari. Pada hari ini, terdapat amalan-amalan sunnah yang jika dijalankan, dapat membawa keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Amalan-amalan sunnah pada Hari Jumat merupakan cara bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah, memperoleh berkah, dan menyucikan diri. Hari ini tidak hanya memberikan kesempatan untuk beribadah, tetapi juga menjadi waktu yang istimewa untuk merenungkan kebijaksanaan dan rahmat Allah. Mari kita bersama-sama menjelajahi amalan sunnah yang dapat kita lakukan pada Hari Jumat untuk meningkatkan kualitas spiritual dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dalam artikel ini, kita akan menggali berbagai amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat. Dari shalat Jumat hingga membaca Surat Al-Kahfi, setiap amalan memiliki keutamaan dan hikmah tersendiri. Mari kita eksplorasi bersama praktik-praktik yang dapat memperdalam spiritualitas dan mendatangkan berkah pada hari istimewa ini.

Baca Juga:  Laqod Jaakum: Manfaat dan Makna Serta Terjemahannya

 

Amalan Sunnah Pada Hari Jumat

Berikut adalah beberapa contoh amalan sunnah yang dianjurkan pada Hari Jumat:

1. Mengambil Mandi (Mandi Jumat)

Sunnah untuk mandi pada Hari Jumat sebelum pergi ke masjid untuk shalat Jumat. Ini adalah cara untuk membersihkan diri dan menjaga kebersihan fisik sebelum beribadah.

2. Mengenakan Pakaian Terbaik

Dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang bersih dan terbaik saat pergi ke masjid untuk shalat Jumat. Hal ini mencerminkan rasa hormat dan penghormatan terhadap ibadah tersebut.

3. Menghadiri Shalat Jumat

Salah satu amalan utama pada Hari Jumat adalah menghadiri shalat Jumat di masjid bersama dengan jamaah. Shalat Jumat adalah kewajiban bagi laki-laki Muslim dewasa dan memberikan kesempatan untuk mendengarkan khutbah dan memperoleh hikmah spiritual.

4. Membaca Surah Al-Kahfi

Rasulullah SAW menyarankan untuk membaca Surah Al-Kahfi pada Hari Jumat. Surah ini mengandung pelajaran moral dan spiritual yang mendalam.

5. Berdoa pada Waktu Yang Dikabulkan

Ada saat-saat tertentu pada Hari Jumat di mana doa-doa dikabulkan. Salah satunya adalah ketika imam berdiri antara dua khutbah dalam shalat Jumat. Ini adalah waktu yang baik untuk berdoa dan memohon kepada Allah.

6. Mengucapkan Shalawat

Mengucapkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW adalah tindakan yang dianjurkan, terutama pada Hari Jumat. Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa siapa pun yang mengucapkan shalawat untuknya akan mendapatkan syafaatnya.

7. Meninggalkan Urusan Duniawi

Ketika imam telah berdiri untuk memberikan khutbah, disarankan untuk meninggalkan urusan duniawi dan mendengarkan dengan penuh perhatian. Ini adalah waktu untuk merenungkan pesan dan hikmah yang disampaikan.

8. Berbuat Baik dan Bersedekah

Jumat juga adalah waktu yang baik untuk berbuat baik kepada sesama dan memberikan sedekah kepada yang membutuhkan. Rasulullah SAW mendorong amal kebajikan pada Hari Jumat.

Baca Juga:  Ajian Serat Jiwa Sunan Kalijaga

9. Membaca Surah Al-Kahfi dalam Sepekan

Selain membaca Surah Al-Kahfi pada Hari Jumat, ada yang menyarankan untuk membaca surah ini selama seminggu sejak Jumat hingga Kamis berikutnya.

 

Doa Di Hari Jum’at

Doa pada hari Jum’at adalah cara untuk memohon keberkahan, keselamatan, dan ampunan dari Allah SWT di hari yang dianggap istimewa dalam agama Islam. Berikut adalah beberapa doa yang disunahkan pada hari Jum’at:

1. Doa Setelah Shalat Jum’at

اللهم أَغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Allahumma ighfir li dhunubi waftah li abwaba rahmatik.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu.”

2. Doa di Sepertiga Malam Terakhir pada Jum’at

اللهم صل على محمد وال محمد وعجل فرجهم وسهل مخرجهم وأسعدهم يا كريم

“Allahumma salli ‘ala Muhammadin wa ali Muhammad, wa’ajjil farajahum, wa sahhil makhrajahum, wa as’iddahum ya Kareem.”

Artinya: “Ya Allah, berikanlah salam dan keberkahan kepada Muhammad dan keluarganya, dan percepatkanlah kemunculan mereka, mudahkanlah jalan keluar mereka, dan berikanlah kebahagiaan kepada mereka, Wahai Yang Maha Pemurah.”

3. Doa untuk Diberi Hidayah dan Keberkahan

اللهم إني أسألك علما نافعاً ورزقاً طيباً وعملاً متقبلاً

“Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan tayyiban wa ‘amalan mutaqabbala.”

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amalan yang diterima.”

4. Doa untuk Perlindungan dari Adzab Kubur

اللهم إني أعوذ بك من عذاب القبر، وأعوذ بك من فتنة المسيح الدجال، وأعوذ بك من فتنة المحيا والممات

“Allahumma inni a’udhu bika min ‘adzabil qabr, wa a’udhu bika min fitnatil masih ad-dajjal, wa a’udhu bika min fitnatil mahya wal mamat.”

Baca Juga:  Lirik Qasidah Asmaul Husna Habib Umar Bin Hafidz Lengkap

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari adzab kubur, aku berlindung kepada-Mu dari cobaan Al-Masih Ad-Dajjal, dan aku berlindung kepada-Mu dari cobaan kehidupan dan kematian.”

5. Doa untuk Dimudahkan Urusan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Rabbana atina fid-dunya hasanatan wa fil-akhirati hasanatan wa qina ‘adhaban-nar.”

Artinya: “Ya Tuhan kami, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan peliharalah kami dari siksa neraka.”

Doa-doa ini adalah sebagian dari doa-doa yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Jum’at. Namun, kita juga dianjurkan untuk berdoa dengan kata-kata kita sendiri dengan tulus dan ikhlas. Semoga doa-doa ini membawa keberkahan dan keselamatan bagi kita semua.

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Amalan Sunnah Pada Hari Jumat yang bisa SlingaDigital Bagikan. Pada hari Jumat, kita memiliki kesempatan istimewa untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melaksanakan amalan-amalan sunnah yang dianjurkan. Dari shalat Jumat hingga membaca Surat Al-Kahfi, setiap amalan membawa berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan konsistensi dan kesungguhan dalam mengamalkan sunnah-sunnah ini, kita dapat mengarungi hari-hari dengan penuh keimanan dan harapan akan rahmat Allah SWT. Semoga setiap langkah kecil dalam menjalankan amalan-amalan sunnah pada hari Jumat membawa berkah, keselamatan, dan kebahagiaan dalam kehidupan kita.

Tetaplah berusaha untuk menjaga koneksi spiritual dengan Allah SWT melalui amalan-amalan sunnah ini, dan semoga setiap usaha kita mendapatkan ridha-Nya. Selamat menjalankan amalan sunnah pada hari Jumat, hari yang penuh berkah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *