Arti Raudhatul Min Riyadhil Jannah

Mengenal Arti Raudhatul Min Riyadhil Jannah

Posted on

Slingadigital.comMengenal Arti Raudhatul Min Riyadhil Jannah. Selamat datang dalam penjelajahan makna spiritual yang penuh inspirasi. Dalam artikel ini, Slingadigital.com akan menjelajahi dan menggali lebih dalam tentang arti Raudhatul Min Riyadhil Jannah.

Raudhatul Min Riyadhil Jannah adalah salah satu istilah yang berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna mendalam dalam dunia agama, khususnya dalam Islam.

Dalam perjalanan ini, Slingadigital.com akan menjelaskan secara rinci arti, sejarah, dan makna dari Raudhatul Min Riyadhil Jannah. Mari kita bersama-sama merenungkan dan memahami pesan spiritual yang terkandung dalam istilah ini serta bagaimana kita dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apa itu Raudhah Min Riyadhil Jannah

Raudhah Asy-Sarifah, yang sering disebut juga sebagai Raudhah Min Riyadhil Jannah, adalah salah satu tempat istimewa di Masjid Nabawi yang sangat dihormati. Tempat ini memegang peran penting dalam hati umat Muslim dan memiliki sejarah yang kaya.

Raudhah, yang artinya “taman” dalam bahasa Indonesia, adalah sebuah bagian yang sangat istimewa di Masjid Nabawi. Raudhah terletak di dalam Masjid Nabawi, dengan lokasi yang persis di antara rumah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (rumah Sayyidatina Aisyah radhiyallahu anha) dan mimbar Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ini adalah tempat yang sangat berharga dalam sejarah Islam dan memiliki makna spiritual yang mendalam.

Raudhah, yang berarti “taman,” adalah bagian yang sangat istimewa dari Masjid Nabawi. Tempat ini terletak di dalam Masjid Nabawi, di antara rumah Nabi Muhammad SAW, yaitu rumah Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu anha, dan mimbar Nabi Muhammad SAW. Batasan pasti dari Raudhah ini telah menjadi subjek berbagai pendapat dalam sejarah.

Baca Juga:  Misteri Dan Khasiat Bunga Wijaya Kusuma

Raudhah ini memiliki batas-batas yang sangat jelas. Di sebelah timur, batasnya adalah rumah Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu anha.

Di sebelah barat, batasnya adalah mimbar Nabi Muhammad SAW. Sementara di selatan, batasnya adalah arah kiblat, dan di utara, batasnya adalah garis sejajar dengan rumah Sayyidatina Aisyah Radhiyallahu anha. Raudhah ini memiliki luas sekitar 330 meter persegi, dengan lebar sekitar 15 meter dan panjang sekitar 22 meter.

Bacaan Raudhah Min Riyadhil Jannah Arab

Setelah kita memahami Arti Raudhatul Min Riyadhil Jannah, selanjutnya adalah melihat bacaannya.

“Raudhah Min Riyadhil Jannah” adalah salah satu “frasa” yang pernah diucapkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ungkapan ini dapat ditemukan dalam koleksi hadis Imam Bukhari dan secara harfiah mengacu pada “Taman dari Taman Surga.”

Teks dalam bahasa Arabnya adalah sebagai berikut:

رَوْضَةٌ مِنْ رِيَاضِ الْجَنَّةِ

Hadits Raudhah min riyadhil Jannah Artinya

Hadits yang menjelaskan tentang kalimat “Raudhah Min Riyadhil Jannah” hanya terdapat 3 hadits. Namun, ada 2 hadits dengan redaksi yang sama, meskipun berasal dari jalur perawi yang berbeda. Hingga saat ini, kami belum menemukan kitab hadits lain yang meriwayatkan hadits mengenai “Raudhah Asy-Syariah” ini.

Oleh karena itu, kami akan mencantumkan 3 hadits yang terkait dengan keberadaan Raudhah di Masjid Nabawi, berikut hadits-haditsnya:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدِ المازني رَضيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُولَ الله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا بَيْنَ بَيْتِي ومنبري روضةً من رياض الْجَنَّةِ

Dari ‘Abdullah bin Zaid Al Maaziniy radliallahu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Tempat yang ada diantara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) di antara taman-taman surga.” (HR. Bukhari No. 1120)

Baca Juga:  Amalan Dzikir Prabu Siliwangi

Adapun hadits kedua termaktub dalam kitab dan Bab yang sama, hanya saja berbeda nomor hadits saja. Berikut haditsnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا بَيْنَ بَيْتِي وَمِنْبَرِي رَوْضَةً مِنْ عَلَى حَوْضِي رياض الْجَنَّةِ وَمِنْبَرِي.

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara rumahku dan mimbarku adalah raudhah (taman) di antara taman-taman surga dan mimbarku berada pada telagaku (di surga)”.

(Hadits Bukhari No.1121)
Di hadits ke-3 terdapat dalam Syarah Muslim karya Imam Nawawi:

ذَكَرُوا فِي مَعْنَاهُ قَوْلَيْنِ أَحَدهمَا : أَنَّ ذَلِكَ الْمَوْضِع بِعَيْنِهِ يُنْقَل إِلَى الْجَنَّة ، وَالثَّانِي : أَنَّ الْعِبَادَة فِيهِ تُؤَدِّي إِلَى الْجَنَّة

Artinya: Para ulama menjelaskan ada dua makna tentang Raudhah; pertama, Raudhah adalah tempat yang akan dipindah ke surga; kedua, beribadah di tempat itu (Raudhah) akan mengantarkan masuk surga.

Keutamaan Raudhah Min Riyadhil Jannah

Seperti yang dijelaskan dalam hadits di atas, Raudhah adalah sebuah taman yang terletak di antara taman-taman Surga.

Dari namanya saja, kita bisa memahami betapa mulianya tempat ini sehingga disebut sebagai taman di antara taman-taman Surga.

Banyak orang yang melakukan perjalanan haji atau umroh mengunjungi Raudhah dengan harapan mendapatkan berkah dari tempat ini.

Beberapa ulama menyatakan bahwa ketika seseorang datang ke tempat ini dan beribadah di dalamnya, mereka akan merasakan kenikmatan, kedamaian, dan ketentraman dalam ibadah mereka. Mengapa hal ini terjadi? Hal ini karena mereka melakukan ibadah di tempat yang ditinggali oleh manusia paling mulia, yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Maka, para ulama sangat menganjurkan untuk melakukan berbagai ibadah di tempat ini, seperti berdoa, melaksanakan shalat sunnah, berdzikir, membaca Al-Quran, dan lain sebagainya. Hal ini karena Raudhah juga dikenal sebagai Raudhah Mubarokah, yang berarti taman yang diberkahi.

Baca Juga:  Amalan Sholawat Basyairul Khairat Serta Maknanya

Dikarenakan tempat ini seringkali sangat ramai oleh para jama’ah, Pemerintah Saudi Arabia memberlakukan batasan waktu bagi mereka yang ingin beribadah di tempat yang sangat mulia ini.

Bayangkan saja, terutama saat musim haji tiba, jutaan orang datang ke Tanah Suci Mekah dan Madinah secara bersamaan. Untunglah bagi mereka yang memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah di tempat yang sangat suci ini.

Penutup

Dalam penutup artikel ini, kita telah mengenal arti dari Raudhatul Min Riyadhil Jannah, yang merupakan sebutan untuk tempat yang sangat mulia di dalam Masjid Nabawi. Tempat ini menjadi saksi bisu atas banyaknya ibadah, doa, dan kebahagiaan umat Islam yang berkunjung ke sana.

Semoga artikel ini telah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang keistimewaan tempat ini dan memotivasi kita untuk melakukan ibadah dengan penuh kesungguhan. Teruslah menjalani perjalanan rohani, dan semoga kita semua diberkahi dalam setiap langkah kita menuju kebahagiaan abadi di akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *