Doa Matahari Terbit dan Terbenam Dengan Artinya

Doa Matahari Terbit dan Terbenam Dengan Artinya

Posted on
Baca Cepat buka

SlingaDigital – Doa Matahari Terbit dan Terbenam Dengan Artinya. Doa matahari terbit dan terbenam adalah ungkapan syukur dan kekaguman manusia terhadap dua momen indah yang menjadi simbol kebesaran Sang Pencipta. Doa yang diucapkan pada momen-momen ini tidak hanya menjadi ungkapan syukur, tetapi juga peluang untuk merenung dan berhubungan lebih dekat dengan Sang Pencipta. Dalam artikel ini, kita akan menyelami Doa Matahari Terbit dan Terbenam beserta artinya, menjelajahi kebijaksanaan dan keindahan yang terkandung di dalamnya.

Matahari yang naik di ufuk timur dan tenggelam di ufuk barat menjadi saksi bisu atas keajaiban alam yang terus berulang setiap harinya. Dalam artikel ini, mari kita telusuri doa-doa yang melibatkan matahari terbit dan terbenam, memahami makna mendalam di balik kata-kata yang diucapkan sebagai bentuk rasa syukur dan keterhubungan manusia dengan alam semesta.

 

Doa Matahari Terbit dan Terbenam Dengan Artinya

Doa Matahari Terbit

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذي جَلَّلَنا اليومَ عافِيَتَهُ، وجاءَ بالشَّمسِ مِن مَطْلِعِها، اللَّهُمَّ أَصبَحْتُ أَشهَدُ لكَ بما شَهِدْتَ به لنفْسِكَ، وشَهِدَتْ مَلائِكَتُكَ، وحَمَلةُ عرْشِكَ، وجميعُ خلْقِكَ، أنَّكَ اللهُ لا إلهَ إلَّا أنتَ القائِمُ بالقِسْطِ، لا إلهَ إلَّا أنتَ العزيزُ الحكيمُ، اكتُبْ شَهادَتي بعدَ شَهادةِ مَلائِكَتِكَ وَأُوْلِي العِلْمِ. اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلامُ، ومِنْكَ السَّلامُ، وَإِلَيْكَ السَّلامُ، أَسْأَلُكَ يَا ذَا الْجَلالِ والإكرامِ أَنْ تَستَجِيبَ لَنَا دَعْوتَنَا، وَأَنْ تُعطِيَنا رَغْبَتَنا، وأنْ تُغْنِيَنا عمَّن أَغْنَيْتَهُ عنَّا مِن خَلْقِكَ. اَللَّهُمَّ أَصلِحْ لِيْ دِيْنِي الَّذي هُوَ عِصْمَةُ أَمْري، وَأَصلِحْ لِي دُنيَايَ الَّتي فِيْهَا مَعِيْشَتي، وَأَصْلِحْ لِيْ آخِرَتي الَّتِي إِلَيْهَا مُنقَلَبي.

“Alhamdulillahillladzi jallalanal yauma wa‘afiyatahu wa ja a bis syamsi min mathli’iha. Allahumma ashbahru asyahdu laka bima syahidtu bihi linafsika wa syahidat malaikatuka wa hamalatu ‘arsyika wa ja’i’u kholqika. AnnakAllahu la ilaha illa antal qoimu bil qisthi. La ila ha illa antal‘azizul hakim. Uktub syahadati ba’da syahadati malaikatika wa ulil‘ilmi. Allahumma antas salam, wa minkas salam, wa ilaikas salam. As aluka ya dzaljalaali wal ikrom an tastajiba lana da’watana. Wa antu’thiyana roghbatana wa antughniyana‘amman‘aghnaitahu‘anna min kholqika. Allahumma ashlih li dinil ladzi huwa‘ishmatu amri, wa ashlih li dunyayal lati fiha ma’isyati wa ashlih akhirotil lati ilaiha munqolabi.”

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahi kami kesehatan di hari ini dan telah menerbitkan matahari dari tempat terbitnya. Ya Allah saya telah memasuki pagi, seraya bersaksi kepadamu sebagaimana persaksian yang Engkau haturkan kepada diri-Mu dan sebagaimana bersaksinya para malaikat dan (malaikat) pemikul arsy-Mu, dan (sebagaimana bersaksinya) seluruh makhluk-Mu. Bahwasanya Engkau Allah tidak ada tuhan selain Engkau dzat yang tegak (konsisten) dalam keadilannya. Tidak ada tuhan selain Engkau, dzat yang maha perkasa lagi maha bijaksana. Catat persaksianku ya Allah setelah persaksian malaikatmu dan para ahli ilmu.

Baca Juga:  Pengertian Ujian Azab dan Istidraj Dalam Islam

Ya Allah, Engkau dzat yang maha sejahtra dan dari Engkaulah asal mula kesejahteraan dan kepada Engkaulah kesejahteraan. Saya memohon kepada-Mu wahai dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan agar Engkau memperkenankan permohonan kami dan memberi (mengabulkan) apa yang kami harapkan serta memberikan kecukupan kepada kami sebagaimana orang yang Engkau cukupkan dari hamba-Mu.

Duhai Allah, tolong perbaikilah bagi saya agama saya, yang mana agama adalah benteng (pelindung) kami dan perbaikilah bagi saya (urusan) dunia saya, yang mana dunia adalah tempat saya hidup. Dan perbakilah bagi saya (urusan) akhirat saya, yang mana akhirat adalah tempat saya kembali.”

Doa Matahari Terbenam

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“A’uzu bikalimatillahit tammati min syarri ma kholaqa.”

Artinya:

“Saya berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan sesuatu yang telah Dia ciptakan.”

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Doa Matahari Terbit dan Terbenam Dengan Artinya yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dari timur hingga barat, matahari menyinari dan memayungi bumi dengan kehangatan dan cahaya, menciptakan momen yang tak tergantikan setiap harinya.

Doa-doa yang menyertai matahari terbit dan terbenam tidak sekadar rangkaian kata, melainkan jembatan spiritual yang menghubungkan kita dengan kebesaran Sang Pencipta. Dalam setiap ungkapan rasa syukur dan kekaguman, kita merenung tentang keindahan siklus alam yang begitu rapi dan harmonis.

Semoga, dalam memahami makna doa ini, kita dapat membawa rasa syukur dan penghormatan terhadap alam serta kehidupan sehari-hari. Dengan matahari sebagai penanda waktu, mari kita terus meresapi keajaiban dan kebesaran-Nya, dan menjadikan doa sebagai ungkapan rasa syukur yang mendalam atas keindahan yang tiada henti-Nya. Selamat menyambut matahari terbit dan terbenam dengan hati yang penuh syukur dan cinta kepada Sang Pencipta.

Baca Juga:  Khasiat Doa Wama Romaita Idz Romaita Walakinnallaha Roma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *