Doa Melihat Bulan Purnama

Doa Melihat Bulan Purnama Sesuai Sunnah serta Makna dan Artinya

Posted on

SlingaDigital – Doa Melihat Bulan Purnama Sesuai Sunnah serta Makna dan Artinya. Bulan purnama, dengan keindahan cahayanya yang memancar di malam langit, seringkali menjadi momen istimewa bagi umat Islam. Melihat bulan purnama memiliki makna dan tata cara yang diwarisi dari sunnah Nabi Muhammad SAW. Artikel ini akan membahas doa yang sesuai sunnah ketika kita melihat bulan purnama, serta makna dan artinya yang mendalam.

Dalam sorotan cahaya bulan yang memenuhi langit, umat Islam diajarkan untuk merenungkan keagungan ciptaan Allah. Doa yang sesuai sunnah menjadi jembatan spiritual yang menghubungkan kita dengan Sang Pencipta di momen indah ini. Mari kita gali lebih dalam tentang tata cara yang benar dan bermakna ketika melihat bulan purnama, serta merenungi makna doa yang disarankan oleh sunnah Nabi.

Dengan langkah kaki yang penuh kesadaran, mari kita jelajahi doa-doa yang tidak hanya menjadi ungkapan syukur atas keindahan alam, tetapi juga merupakan bentuk ibadah yang mendalam. Seiring langkah ini, kita akan memahami makna setiap kalimat doa dan bagaimana kita dapat menghadirkannya dalam hati dan pikiran kita.

 

Doa Melihat Bulan Purnama

Sebagaimana dalam QS Fussilat: 37 yang artinya: Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran Allah ialah malam, siang, matahari, dan bulan.

Mulai pukul 18.20 WIB hari ini, 3 Juli 2023 ada fenomena supermoon, yaitu bulan purnama yang ukurannya lebih besar dan lebih terang. Berdasarkan penjelasan dari NASA, supermoon terjadi lantaran bulan berada di titik orbit paling dekat dengan bumi.

Ustaz Sunnatullah, pengajar di Pesantren Al-Hikmah Darussalam Kokop, Bangkalan melalui situs web NU memberi contoh keagungan Allah terkait bulan di QS Yunus: 5 yang artinya:

Baca Juga:  Manfaat Doa Badatu Bibismillahi

Allah adalah Dzat yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya, dan Dia yang menetapkan tempat-tempat orbitnya, agar kalian mengetahui bilangan tahun, dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan demikian itu melainkan dengan benar. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui. (QS Yunus: 5)

Berikut bacaan doa melihat bulan purnama sesuai sunnah :

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالإِسْلَامِ. هِلَالُ خَيْرٍ وَرُشْدٍ

“Allâhumma ahillahu‘alainâ bil amni wal îmâni was salâmati wal islâmi. Hilâlu khairin wa rusydin.”

Artinya:

“Wahai Tuhanku, terangkanlah ini bulan di atas kami dengan sentosa, iman, selamat, dan islam. Ini bulan menerangkan kebaikan dan petunjuk.”

رَبَّنَآ أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَآ  ۖ إِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

“robbanaaa atmim lanaa nuuronaa waghfir lanaa, innaka ‘alaa kulli syai-ing qodiir.”

Artinya:

“Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; sungguh, Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.

 

Arti Bulan Purnama Menurut Islam

Dalam Islam, bulan purnama merupakan salah satu tanda kebesaran Allah. Bulan purnama juga disebut dalam Al Quran. Dalam Surat Al Insyiqaq ayat 18, Allah SWT berfirman:

وَٱلْقَمَرِ إِذَا ٱتَّسَقَ

Artinya: ” .. dan demi bulan apabila jadi purnama.”

Menurut Sayyid Quthb dalam kitab Tafsir Fi Dzilal Alquran, Allah bersumpah dengan ciptaan-Nya untuk memberikan nilai yang sangat tinggi kepada mahluk-mahluk tersebut. Tujuannya agar manusia merenungkan makna dan petunjuk di baliknya.

Selain bulan purnama, Allah juga bersumpah demi benda dan fenomena langit lain, seperti matahari, bintang, bulan sabit, waktu malam, dan waktu dhuha.
Tak hanya benda-benda langit, Allah juga bersumpah atas nama buah-buahan, yakni tin dan zaitun. Dalam beberapa penelitian, kedua buah ini telah terbukti memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Baca Juga:  Manfaat Dalam Doa Hasbunallah Wanikmal Wakil

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Doa Melihat Bulan Purnama Sesuai Sunnah serta Makna dan Artinya yang bisa SlingaDigital Bagikan. Sebagai cahaya bulan purnama perlahan memudar di langit, kita menyelesaikan perjalanan spiritual kita melalui doa yang sesuai sunnah. Dalam momen ketika bulan purnama menyinari bumi, kita tidak hanya menyaksikan keindahan alam semesta, tetapi juga menjalin hubungan yang erat dengan Sang Pencipta.

Doa-doa yang telah diwariskan oleh sunnah Nabi Muhammad SAW memberikan dimensi baru pada pengalaman melihat bulan purnama. Setiap kata memiliki makna yang mendalam, membawa kita pada introspeksi dan refleksi atas kebesaran Allah. Melalui doa ini, kita tidak hanya mengagumi keindahan alam, tetapi juga mengheningkan diri dalam kontemplasi rohaniah.

Sebagai penutup, mari kita terus menjaga kebiasaan melihat bulan purnama dengan penuh kesadaran dan ketenangan hati. Doa yang kita panjatkan, sesuai sunnah, menjadi jembatan menuju kehadiran Allah dalam setiap detik kehidupan. Semoga setiap pandangan kita pada bulan purnama menjadi pelajaran hidup yang mendalam dan memperkuat ikatan spiritual kita dengan Sang Pencipta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *