Makna dan Kandungan Surat An Nur Ayat 32

Posted on

SlingaDigital – Makna dan Kandungan Surat An Nur Ayat 32. Surat An Nur ayat 32 dalam Al-Quran merupakan petunjuk ilahi yang memancarkan cahaya kebijaksanaan dan norma-norma moral dalam kehidupan sehari-hari. ayat-ayat Al-Qur’an menjadi petunjuk yang penuh cahaya, membimbing kita melalui lorong kehidupan dengan hikmah dan petunjuk ilahi. Salah satu ayat yang memancarkan kebijaksanaan dan keanggunan rohani adalah Surat An-Nur Ayat 32. Dalam artikel ini, mari kita membuka tirai keindahan kata-kata Ilahi dan memperdalam pemahaman terhadap makna dan kandungan yang terkandung dalam ayat yang memancarkan cahaya terang tersebut.

Surat An-Nur Ayat 32 bukan hanya rangkaian huruf dan kata, melainkan suatu petunjuk hidup yang memiliki dampak mendalam pada jiwa dan perilaku kita. Mari kita menjelajahi setiap lapisan makna, merenung pada kata-kata yang penuh dengan kebijaksanaan, dan mencari inspirasi dari petunjuk yang terkandung dalam ayat ini untuk memperkaya perjalanan spiritual kita.

Dalam ayat yang penuh keagungan ini, terkandung makna dan pesan yang mengajak umat manusia untuk menjaga nilai-nilai kesucian, keadilan, dan kesejahteraan dalam berinteraksi sosial. Mari kita bersama-sama menyelami dan menggali hikmah yang terkandung dalam Surat An Nur ayat 32, sehingga kita dapat merasakan kebijaksanaan Ilahi yang memberikan petunjuk bagi perjalanan hidup kita.

 

Surat An Nur

Surat An Nur adalah yang memiliki arti cahaya. Surat ke-24 ini terdiri dari 64 ayat dan diturunkan oleh Allah SWT saat Rasulullah telah berhijrah dari Mekkah ke Madinah. Oleh sebab itu, dapat dipahami bahwa Surat An Nur turun di Madinah dan dapat diklasifikasikan sebagai surat Madaniyah.
Sebagaimana surat-surat lainnya dalam kitab suci Alquran, Surat An Nur juga berisi tentang penjelasan, perintah, janji, serta larangan Allah SWT.

Baca Juga:  Dalil dan Bacaan Dzikir Nasyid Lengkap

 

Makna Surat An Nur Ayat 32

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ – ٣٢

Artinya: Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.

Maha Suci dan Maha Benar Allah atas segala firman-Nya. Melalui terjemahan Alquran Surat An Nur ayat 32 dapat dipahami bahwa terdapat perintah Allah, yakni menikah. Dardawirdhaa (2022: 45) dalam bukunya yang berjudul Buku Nikah menjelaskan bahwa menikah adalah sunah para nabi dan rasul. Orang-orang pilihan Allah melakukan hal ini (menikah).

Kemudian, Dardawirdhaa pun menjelaskan alasan dari kenapa menikah tercantum dalam surat-surat Alquran. Surat tersebut di antaranya adalah Surat An Nur ayat 32, Surat Ar Rum ayat 21, dan Surat Al A’raf ayat 189.
Jadi, jelas bahwa Surat An Nur ayat 32 merupakan salah satu firman Allah SWT tentang perintah untuk menikah. Allah SWT pun berjanji akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Wallahu a’lam bish-shawab.

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Makna dan Kandungan Surat An Nur Ayat 32 yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dengan menggulir melalui kata-kata yang disampaikan dalam penjelasan tentang Surat An-Nur Ayat 32, kita tidak hanya menyaksikan keindahan bahasa Ilahi tetapi juga mendapatkan pencerahan rohani yang mendalam. Ayat ini, seperti bintang yang bersinar di langit kehidupan kita, mengajarkan tentang kebersihan hati, kesucian budi, dan nilai-nilai yang menciptakan kedamaian dalam diri.

Melalui pemahaman makna dan kandungan Surat An-Nur Ayat 32, semoga kita dapat menemukan petunjuk yang membawa kebijaksanaan, ketenangan, dan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita. Ayat ini mengajak kita untuk selalu menjaga kebersihan hati, menghormati batasan-batasan yang ditetapkan oleh-Nya, dan menjalin hubungan yang penuh dengan keadilan dan rahmat.

Baca Juga:  Makna dan Kandungan Amalan Surat Al - Ikhlas Ayat 1 - 4

Dengan demikian, mari kita terus mendalami pesan-pesan yang terkandung dalam ayat ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga penjelasan ini menjadi sumber inspirasi dan bimbingan, membimbing langkah-langkah kita dalam meraih keberkahan hidup dan mendekatkan diri pada kebijaksanaan Ilahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *