Kandungan Pada Surat Al-Fil

Makna Dan Kandungan Pada Surat Al-Fil

Posted on

SlingaDigital – Makna Dan Kandungan Pada Surat Al-Fil. urat Al-Fil, salah satu surat pendek dalam Al-Qur’an, mungkin terlihat singkat, tetapi mengandung sebuah kisah penting yang mengandung banyak hikmah. Surat ini membawa kita pada peristiwa luar biasa yang melibatkan seekor gajah dan menggambarkan kekuasaan dan keadilan Allah SWT. Dalam artikel ini, kita akan menggali makna dan kandungan surat Al-Fil dengan lebih dalam, mengungkap pesan-pesan penting yang terkandung di dalamnya dan bagaimana kisah ini relevan dengan kehidupan kita saat ini. Mari kita menjelajahi surat Al-Fil dan merenungkan hikmah yang terkandung di dalamnya.

Surat Al-Fil, terletak di urutan ke-105 dalam Al-Quran, mengisahkan peristiwa yang terjadi sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang dikenal sebagai Tahun Gajah. Kisah ini tak hanya merupakan catatan sejarah, melainkan juga mengandung pesan-pesan yang mendalam dan relevan bagi umat Islam hingga saat ini. Dalam artikel ini, kita akan membongkar makna dan kandungan dari Surat Al-Fil, serta memahami pesan-pesan penting yang terkandung di dalamnya. Segera temukan kearifan yang tersembunyi di balik kisah Allah yang memelihara Ka’bah.

 

 

Bacaan Surat Al-Fil

أَلَمْ تَرَ كَيْفَ فَعَلَ رَبُّكَ بِأَصْحَابِ الْفِيلِ . أَلَمْ يَجْعَلْ كَيْدَهُمْ فِي تَضْلِيلٍ . وَأَرْسَلَ عَلَيْهِمْ طَيْرًا أَبَابِيلَ . تَرْمِيهِمْ بِحِجَارَةٍ مِنْ سِجِّيلٍ . فَجَعَلَهُمْ كَعَصْفٍ مَأْكُولٍ

(Alam taro kaifa fa’ala robbuka bi-ashhaabil fiil. Alam yaj’al kaidahum fii tadlliil. Wa arsala ‘alaihin thoiron abaabiil. Tarmiihim bihijaarotim min sijjiil. Faja’alahum ka’ashfim ma’kuul)

Baca Juga:  Kandungan Surat Shad Ayat 54

Artinya:
Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah? Bukankah Dia telah menjadikan tipu daya mereka (untuk menghancurkan Ka’bah) itu sia-sia? dan Dia mengirimkan kapada mereka burung yang berbondong-bondong, yang melempari mereka dengan batu (berasal) dari tanah yang terbakar, lalu Dia menjadikan mereka seperti daun-daun yang dimakan (ulat). (QS. Al Fil: 1-5)

Nama-nama Surat Al Fil

Surat Al-Fil adalah salah satu surat pendek dalam Al-Qur’an. Nama surat ini berasal dari kata “Fil” yang berarti “gajah” dalam bahasa Arab. Nama-nama surat dalam Al-Qur’an sering kali mengacu pada kata-kata kunci atau tema utama yang terdapat dalam surat tersebut. Dalam kasus Surat Al-Fil, nama ini merujuk kepada peristiwa penting yang dijelaskan dalam surat ini, yaitu kisah tentang pasukan gajah yang datang menyerang Ka’bah di Mekkah, dan bagaimana Allah SWT menjaga dan melindungi Ka’bah dari serangan tersebut. Surat Al-Fil terdiri dari lima ayat dan memuat pelajaran penting tentang kekuasaan dan perlindungan Allah.

Nama “Surat Al-Fil” dalam bahasa Arab adalah “الْفِيل” yang dapat diterjemahkan sebagai “Surat Gajah.” Nama ini merujuk kepada kisah penting dalam surat ini yang melibatkan peristiwa gajah yang sangat mengagumkan dan mencerminkan kekuasaan Allah SWT. Surat Al-Fil merupakan salah satu dari 114 surat yang terdapat dalam Al-Qur’an dan termasuk dalam juz ke-30.

 

Kandungan Surat Al Fil

Surat Al-Fil, terdiri dari lima ayat, mengisahkan peristiwa luar biasa yang melibatkan sejumlah besar gajah yang akan menyerang Ka’bah di Mekah. Berikut adalah kandungan utama dari Surat Al-Fil:

1. Kisah Tentang Pasukan Gajah

Surat Al-Fil mengisahkan bagaimana pasukan yang dipimpin oleh Abrahah, seorang pemimpin Ethiopia yang ingin menghancurkan Ka’bah di Mekah. Abrahah membawa pasukannya yang dilengkapi dengan gajah-gajah besar untuk menghancurkan tempat suci Ka’bah.

Baca Juga:  Perbedaan Penggunaan Kata Ilaa Ruhi, Ilaa Arwahi & Ilaa Hadroti Untuk Kirim Alfatihah

2. Tindakan Ajaib Allah

Meskipun pasukan Abrahah dan gajah-gajahnya nampak tak terkalahkan, Allah SWT turut campur tangan dalam melindungi Ka’bah. Dalam surat ini, Allah menggambarkan bagaimana Dia mengirimkan burung-burung Ababil yang melemparkan batu-batu kecil dari sisi kiri, yang dengan mudah menghancurkan pasukan Abrahah dan gajah-gajahnya.

3. Pesan Tentang Kekuasaan Allah

Kandungan utama dari Surat Al-Fil adalah untuk menegaskan kekuasaan dan perlindungan Allah terhadap Ka’bah. Peristiwa ini menggambarkan bagaimana Allah mampu mengatasi segala kekuatan manusia dan menciptakan perlindungan untuk tempat suci-Nya.

Kisah dalam Surat Al-Fil adalah contoh konkret dari bagaimana Allah SWT melindungi tempat suci dalam Islam, menunjukkan kekuasaan-Nya, dan mengajarkan pesan bahwa tidak ada yang dapat menyaingi kekuatan-Nya. Keseluruhan surat ini mengandung pesan tentang keajaiban tindakan Allah dan kekuatan-Nya yang tak terbatas.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Makna Dan Kandungan Pada Surat Al-Fil yang bisa SlingaDigital Bagikan. kita telah menggali makna dan kandungan yang terkandung dalam Surat Al-Fil. Kisah luar biasa tentang perlindungan Ka’bah dari pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah adalah sebuah pengingat kuat akan kekuatan dan keadilan Allah SWT. Surat ini memberikan pesan tentang keajaiban tindakan-Nya dan kemampuannya untuk melindungi tempat-tempat suci dalam agama Islam.

Kisah ini juga memiliki relevansi yang mendalam dengan kehidupan kita. Ia mengajarkan kita tentang kekuatan iman, keyakinan dalam perlindungan Allah, dan pengaruh positif dari tindakan baik dalam menghadapi segala rintangan. Dalam banyak hal, Surat Al-Fil mengingatkan kita untuk selalu berserah diri kepada Allah dan meyakini bahwa Dia adalah pemegang kendali atas segala sesuatu.

Kita dapat merenungkan Surat Al-Fil sebagai sumber inspirasi dan kekuatan dalam menghadapi tantangan dalam hidup kita, sambil selalu mengingat keagungan Allah SWT yang tak terbatas. Semoga kita selalu mendapatkan manfaat spiritual dari kisah ini dan dapat mengambil hikmah yang mendalam dari pesan yang terkandung dalam Surat Al-Fil.

Baca Juga:  Keutamaan Amalan Dzikir Dzikir La Ilaha Illallah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *