Lirik Ladrang Onde Onde Ciptaan Ki Nartosabdo

Lirik Ladrang Onde Onde Ciptaan Ki Nartosabdo

Posted on

SlingaDigital – Lirik Ladrang Onde Onde Ciptaan Ki Nartosabdo. Ladrang Onde Onde, sebuah karya seni yang lahir dari tangan kreatif Ki Nartosabdo, menciptakan harmoni yang memukau dalam dunia seni pertunjukan Jawa. Setiap seni memiliki keajaiban tersendiri, merangkai kata dan melodi dalam sebuah harmoni yang membawa pendengarnya merasakan kedalaman makna. Begitu pula dengan lirik-lirik dari tradisi seni suara Jawa yang begitu kaya dan sarat akan keindahan. Salah satu pencipta yang menciptakan kegemilangan dalam dunia seni suara Jawa adalah Ki Nartosabdo, dan salah satu karyanya yang mencuri perhatian adalah “Ladrang Onde Onde.”

Lirik Ladrang Onde Onde tidak sekadar rangkaian kata, melainkan petikan indah yang menggambarkan kisah budaya, keindahan alam, dan kebijaksanaan hidup. Ki Nartosabdo, seorang maestro seni suara Jawa, berhasil menempa liriknya menjadi cahaya yang menerangi panggung tradisi, mengajak kita untuk merenung dan mengapresiasi kearifan lokal yang telah diteruskan dari generasi ke generasi.

Lirik yang disusun dengan penuh makna dan keindahan menciptakan suasana yang khas, memperkaya pengalaman mendengarkan dan menghayati seni tradisional Indonesia. Mari kita telusuri lebih dalam tentang lirik Ladrang Onde Onde ini, serta merenungkan pesan yang terkandung di dalamnya

Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang lirik Ladrang Onde Onde, menggali makna filosofis di balik setiap kata, dan merenungi warisan budaya yang tersembunyi dalam melodi yang digubah oleh Ki Nartosabdo. Mari kita temukan kekayaan lirik ini, yang tidak hanya menciptakan irama yang indah tetapi juga menjadi jendela ke dalam kearifan lokal yang membanggakan.

Baca Juga:  Lirik Lagu Tombo Ati - Opick dan Terjemahannya

 

Ki Nartosabdo

Ki Nartosabdo adalah salah satu tokoh penting dalam dunia seni suara Jawa yang memiliki kontribusi besar dalam mempertahankan dan mengembangkan warisan budaya Jawa. Lahir pada tahun 1925 di Dukuh Mengger, Desa Ngringo, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Ki Nartosabdo tumbuh dalam lingkungan yang kaya akan tradisi seni Jawa.

Beliau dikenal sebagai seorang dalang, penulis lirik, dan komponis gamelan yang sangat berbakat. Karya-karya Ki Nartosabdo, termasuk “Ladrang Onde Onde,” telah menjadi bagian integral dari seni suara Jawa dan memperkaya warisan budaya Indonesia.

Keunikan karya Ki Nartosabdo terletak pada kemampuannya untuk menggabungkan unsur-unsur tradisional dengan sentuhan inovatif, menciptakan suara yang mendalam dan menggugah hati. Khususnya, “Ladrang Onde Onde” mencerminkan kearifan lokal, cerita-cerita kehidupan sehari-hari, dan keindahan alam, yang diolah menjadi lirik yang mendalam dan penuh makna.

Ki Nartosabdo juga dikenal sebagai pionir dalam menjaga keaslian seni Jawa, mengambil peran penting dalam melestarikan warisan budaya tradisional. Karya-karyanya menjadi jembatan yang menghubungkan masa lalu dengan masa kini, memastikan bahwa nilai-nilai budaya yang kaya terus diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Sebagai tokoh yang menciptakan jejak mendalam dalam dunia seni suara Jawa, Ki Nartosabdo pantas dihormati dan diapresiasi sebagai salah satu penjaga kekayaan budaya Indonesia. Warisan karyanya terus memancarkan keindahan, kearifan, dan keabadian seni suara tradisional Jawa.

 

Lirik Ladrang Onde Onde Ciptaan Ki Nartosabdo

Cahyane gumilang giwange abang
Gegelunge malang cecundhuk kembang

Katon kledhang kledhang terus sumandhing
amasrahake jiwa ragane

Onde Onde tiba ing tambir
gelung kondhe gawe kuwatir
Onde Onde tiba ing tampah
teka mrene lingguh ing jlambrah
amung kowe pepujanku
aja lelewa wong ayu
yen awan lali mangan
yen bengi tan kober turu

Baca Juga:  Lirik Langgam Campursari Katresnanku - Prigel Pangayu

Onde Onde di seleh piring
gelung kondhe sing lencir kuning
Onde Onde diseleh panci
pancen suwe aku ngenteni
nanging mung tansah cidra
janji janjine sulaya
balung janur upamane
mung kowe kang weh usada

ondhe ondhe tiba neng sumur
gelung kondhe mung gawe kuwur
Onde Onde tiba neng wajan
jebul koe kang pantes dandan
bengesan lan pupuran
nyangking cangklong isi degan
degan kambil ijo
aku dandan ora kanggo

 

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Lirik Ladrang Onde Onde Ciptaan Ki Nartosabdo yang bisa SlingaDigital Bagikan. Ki Nartosabdo, sebagai maestro seni suara Jawa, telah mewariskan kearifan budaya melalui karya-karyanya, menjadikan kita saksi perjalanan kehidupan yang tercermin dalam melodi dan lirik yang timeless.

Lirik “Ladrang Onde Onde” bukan sekadar rangkaian kata, melainkan serangkaian petikan yang mengajak kita merenung pada kecantikan alam, kearifan hidup, dan cerminan kebijaksanaan dalam budaya Jawa. Ki Nartosabdo tidak hanya menciptakan musik, tetapi juga sebuah perjalanan spiritual yang menghubungkan kita dengan akar budaya yang kokoh.

Melalui tulisan ini, kita telah menggali lebih dalam ke dalam karya seorang maestro yang telah memberikan cahaya bagi seni suara tradisional Indonesia. Ladrang Onde Onde bukan hanya sekadar lagu, melainkan pintu gerbang menuju warisan budaya yang membangkitkan rasa cinta dan kekaguman akan keindahan tradisi nenek moyang.

Semoga artikel ini telah memberikan wawasan yang lebih dalam tentang lirik Ladrang Onde Onde ciptaan Ki Nartosabdo, dan menjadi pengantar yang mengundang pembaca untuk terus menjelajahi kekayaan seni suara Jawa. Mari lestarikan dan bangkitkan nilai-nilai kebudayaan ini, sehingga melalui setiap nadanya, kita dapat terus terhubung dengan akar dan identitas yang membangun keberagaman budaya Indonesia.

Baca Juga:  Lirik Lagu Twenty One Pilots - My Blood dengan Terjemahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *