Keutamaan Surat Yasin Ayat 58

Keutamaan Surat Yasin Ayat 58, Dipermudah Urusan di Dunia

Posted on

Slingadigital.comKeutamaan Surat Yasin Ayat 58. Dipermudah Urusan di Dunia. Surat Yasin, salah satu surat Al-Quran yang penuh dengan keajaiban dan kekhususan. Ayat-ayatnya membawa berkah dan keutamaan yang luar biasa.

Dalam artikel ini, Slingadigital.com akan memfokuskan perhatian kita pada keutamaan dari Ayat 58 dalam Surat Yasin.

Mari kita bersama Slingadigital menjelajahi dengan lebih mendalam dan merenungkan makna serta manfaat yang terkandung dalam ayat ini yang begitu istimewa dalam ajaran Islam.

Keutamaan Membaca Surah Yasin

Diampuni Dosa-dosanya

Membaca Surah Yasin secara rutin diyakini dapat membawa pengampunan dosa-dosa umat Islam. Hal ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu:

“Barang siapa yang membaca surah Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah, maka diampuni dosa-dosanya.”

Dipermudah Urusannya di Dunia

Keutamaan membaca Surah Yasin juga diyakini dapat memberikan kemudahan dalam semua urusan dunia. Dengan membaca Surah Yasin, masalah-masalah dapat terselesaikan dengan lebih mudah karena Allah membuka jalan dan memberikan solusi yang diperlukan.

Sebagaimana dinyatakan dalam Sunaan Ad-Daarimi juz 2 halaman 549:

“Barang siapa yang membaca surah Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.”

Meringankan Siksa Kubur

Surah Yasin juga dipercayai dapat memberikan ringan siksa kubur. Oleh karena itu, banyak orang mengirimkan doa bagi orang yang telah meninggal dengan membaca Surah Yasin.

Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir berikut, “Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surah Yasin, maka pada hari itu, Allah Swt meringankan siksa kubur mereka dan diberikan kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di pekuburan itu.” (Tafsir Nur ats-Tsagalayn)

Baca Juga:  Keutamaan Dzikir Asmaul Husna Ya Wadud

Meninggal dalam Keadaan Syahid

Rutin membaca Surah Yasin setiap hari diyakini akan menjauhkan seseorang dari petaka dan bahaya. Selain itu, orang yang secara teratur membaca Surah Yasin akan mendapatkan kemudahan saat menjalani sakaratul maut dan meninggal dalam keadaan syahid.

Seperti yang diungkapkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dari Anas bin Malik, “Barang siapa yang secara rutin membaca Surah Yasin setiap malam, maka tanpa diduga, dia akan menghadapi saat kematiannya, dan dia akan meninggal dalam keadaan syahid.”

Sementara itu, dalam tafsir Al-Quran Al-Azim, dijelaskan bahwa membaca Surah Yasin di dekat mayat akan membawa banyak rahmat dan berkah, serta memudahkan keluarnya roh dari jasadnya.

Dikabulkannya Doa-Doa

Membaca Surah Yasin juga diyakini sebagai sarana untuk doa-doa terkabul. Allah SWT senantiasa akan mengabulkan doa-doa orang yang membaca Surah Yasin dengan penuh khidmat, dan jika dibaca hingga tujuh kali, diyakini lebih mendatangkan keberkahan.

Sebagaimana yang dijelaskan dalam sebuah hadis yang menyatakan, “Siapa pun yang membaca Surah Yasin dengan sepenuh hati dan, saat mencapai Ayat 58, mengulangkannya sebanyak 7 kali, maka Allah SWT akan memudahkan dan mengabulkan permintaannya.”

Keutamaan Surat Yasin Ayat 58

Salah satu dari keutamaan dalam Surat Yasin, terdapat di Ayat 58. Untuk merasakan manfaat yang terkandung dalam ayat ini, pengulangan pembacaan menjadi penting.

Pada dasarnya, membaca Surat Yasin adalah anjuran bagi setiap umat Muslim, karena surat ini memiliki keutamaan yang luar biasa, sebagaimana yang telah disampaikan dalam sabda Rasulullah SAW.

قعَنِ الْحَسَنِ قَالَ: سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “مَنْ قَرَأَ يس فِي “مَغْفُورًا لَهُ. وَمَنْ قَرَأَ: “حم” الَّتِي فِيهَا الدُّخَانُ أَصْبَحَ مَغْفُورًا لَ

Baca Juga:  Amalan Ya Robbana ya Quddus Dan Manfaat

Artinya: Dari Al-Hasan yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Abu Hurairah r.a. berkata bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Barangsiapa yang membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya ia diampuni. Dan barangsiapa yang membaca Ha Mim yang di dalamnya disebutkan Dukhan (surat Ad-Dukhan), pada pagi harinya diampuni”. Sanad hadis ini jayyid (baik).

Dari hadits tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa membaca Surat Yasin pada malam hari membawa pengampunan dosa. Ini adalah salah satu keutamaan penting yang terkait dengannya.

Selain itu, dalam pelaksanaan Shalat Tarawih 23 rakaat, Ayat 58 dari Surat Yasin sering digunakan oleh Imam dalam setiap rakaat kedua.

سَلٰمٌ قَوۡلًا مِّنۡ رَّبٍّ رَّحِيۡمٍ

Salaamun qawlam mir Rabbir Rahiim Artinya : “(Kepada mereka dikatakan) ‘Salam’ sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang.” (QS Yasin Ayat 58)

Para ulama meyakini bahwa Ayat 58 dalam Surat Yasin mengandung pesan mulia, karena ayat ini membawa kabar gembira dari surga. Ketika membaca Surat Yasin, disarankan untuk mengulang Ayat 58 minimal 3 hingga 7 kali. Ini diyakini akan membuat semua keinginan seseorang dikabulkan.

Selain Ayat 58, para ulama juga memberikan perhatian khusus kepada doa-doa terkenal yang dibaca setelah ayat-ayat tertentu dalam Surat Yasin, serta pengulangan ayat-ayat tertentu, seperti yang dilakukan setelah membaca Ayat 27 dan 38.

Semua ini adalah upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mengalami berkah-Nya yang tak terhingga melalui Surat Yasin.

Penutup

Dalam penutup artikel ini, Slingadigital.com telah mengeksplorasi keutamaan yang terkandung dalam Ayat 58 dari Surat Yasin, salah satu surat yang penuh berkah dalam Al-Quran.

Ayat ini memuat kabar gembira surga dan merupakan sumber inspirasi bagi banyak umat Islam dalam pencarian keberkahan dan pengampunan dosa.

Baca Juga:  Lirik Qosidah Shollu 'Ala Nuri Ahmad: Arti dan Makna

Dengan merenungkan dan mengamalkan keutamaan ini, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan merasakan berkah-Nya yang luar biasa. Semoga kita senantiasa menggali makna dan manfaat dari ayat-ayat suci Al-Quran dalam hidup kita sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *