Kandungan Surah Al-Fil

Makna, Kandungan, Dan Kelebihan Surah Al-Fiil

Posted on

SlingaDigital – Makna, Kandungan, Dan Kelebihan Surah Al-Fiil. Surah Al-Fil adalah salah satu dari 114 surah yang terdapat dalam Al-Quran. Surah ini dikenal dengan kisah epik tentang kejadian yang mencengangkan dalam sejarah kota Mekah. Makna, kandungan, dan kelebihan dari Surah Al-Fil memiliki nilai yang mendalam dan memukau. Dalam artikel ini, kita akan melakukan analisis komprehensif terhadap surah ini, mengupas setiap aspek yang mengandung hikmah dan pelajaran berharga bagi umat manusia. Mari kita jelajahi bersama-sama pesan yang terkandung dalam Surah Al-Fil, serta bagaimana hal itu masih relevan bagi kita pada zaman ini.

 

Kandungan Surah Al-Fil

Surah Al-Fil (bahasa Arab: الفيل) adalah surah ke-105 dalam Al-Quran. Surah ini terdiri dari lima ayat dan menceritakan peristiwa penting yang terjadi sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Berikut adalah isi Surah Al-Fil:

1. Ayat pertama menggambarkan peristiwa serangan oleh pasukan bergajah (pasukan Abrahah) yang datang untuk menghancurkan Ka’bah, bangunan suci di Makkah.

2. Ayat kedua menjelaskan bagaimana Allah SWT melindungi Ka’bah dan orang-orang yang beriman dari serangan bergajah tersebut. Allah menggunakan burung-burung Ababil yang menjatuhkan batu-batu kecil kepada pasukan Abrahah, yang akhirnya membuat mereka hancur.

3. Ayat ketiga dan keempat menggambarkan bagaimana pasukan Abrahah yang kuat dan kuasa tunduk dan hancur oleh kekuatan Allah, meskipun mereka datang dengan kekuatan besar.

4. Ayat kelima dan terakhir menekankan bahwa peristiwa ini adalah tanda kekuasaan dan perlindungan Allah terhadap Ka’bah dan umat Islam.

Baca Juga:  Makna Dan Keutamaan Dzikir Ya Hayyu Ya Qayyum Laa Ilaaha Illa Anta

Surah Al-Fil mengajarkan bahwa Allah adalah pemegang kekuasaan tertinggi dan melindungi Ka’bah serta umat-Nya. Ini juga mengandung pesan penting tentang keimanan, bahwa orang-orang yang percaya kepada Allah akan selalu dilindungi meskipun mereka dalam situasi yang tampaknya tidak mungkin.

 

Cara Mengamalkan Surah Al-Fiil

Pertama, melakukan salat tahajud minimal dua rakaat. Pada rakaat pertama sesudah membaca surah al-Fatihah, membaca surah Al-Fiil sebanyak 40 kali, sedangkan pada rakaat yang kedua sesudah membaca surah al-Fatihah, kemudian membaca surah al-Kafirun sekali.

Setelah selesai salat tahajud kemudian membaca istighfar tujuh kali. Selanjutnya berkirim hadiah al-Fatihah kepada Nabi Muhammad saw., kepada keluarganya, sahabatnya, kaum musliminseluruhnya. Kemudian menyebutkan apa yang dihajatkannya dan diakhiri dengan membaca Fatihah, diniatkan agar hajatnya tersebut diijabahi.

Setelah itu membaca wirid berikut 100 kali:

‌‌يَا قَادِرُ ياَ عَزِيْزُ يَا عَلِيْمُ يَا عَلِيُّ یَا عَظِيْمُ

Kemudian berdiri dan membaca doa berikut sebanyak tiga kali.

اللَّهُمُّ خُذْ لِي مِنْ … ابْنِ … وَاجْعَلْ عِبْرَةً لِلْمُعْتَبِرِينَ يَا سَدِيدُ

Pada titik-titik pertama sebutkan nama yang dimaksud dan pada titik-titik kedua sebutkan nama orang tuanya. Misalnya Amar bin fulan

Sesudah membaca doa di atas kemudian membaca doadi bawah ini 1 kali:

اَللَّهُمَ اَهْلِكْهُ كَمَا اَهْلَكْتَ قَوْمَ فِرْعَوْنَ اِنَّكَ عَلَيْ كُلِّ شَيْءِِ قَدِيْرٌ

Tidak boleh menggunakan amalan ini untuk kejahatan karena akibatnya akan menimpa sang pengamalnya.

 

Makna Makna Surah Al-Fil

Makna Surah Al-Fil (Surah Gajah) dalam Al-Quran adalah mengandung pelajaran dan pesan-pesan penting yang dapat ditarik oleh umat Islam. Berikut adalah beberapa makna dan pesan yang dapat diambil dari Surah Al-Fil:

1. Perlindungan Allah

Surah Al-Fil menggambarkan bagaimana Allah melindungi Ka’bah, bangunan suci umat Islam, dari serangan pasukan bergajah yang kuat. Ini mengingatkan kita bahwa Allah adalah pemegang kekuasaan tertinggi dan Dia selalu melindungi orang-orang yang beriman.

Baca Juga:  Doa Nabi Nuh Saat Banjir dan Hujan Deras

2. Keajaiban Allah

Peristiwa dalam surah ini menunjukkan keajaiban Allah. Meskipun pasukan bergajah datang dengan kekuatan besar, mereka dihancurkan oleh burung-burung Ababil yang menjatuhkan batu-batu kecil. Ini adalah bukti kekuatan Allah yang tak terbatas dan kemampuan-Nya untuk mengatasi segala tantangan.

3. Perlindungan terhadap Tempat Suci

Surah Al-Fil menggarisbawahi pentingnya Ka’bah sebagai tempat suci dalam Islam dan bagaimana Allah senantiasa melindunginya. Ini mengajarkan kepada umat Islam tentang pentingnya menjaga tempat-tempat suci dan menghormati rumah Allah.

4. Keimanan

Surah Al-Fil mengandung pesan tentang keimanan. Meskipun orang-orang yang beriman dalam kisah ini tampak lemah dan tidak berdaya, keimanan mereka kepada Allah dan keyakinan bahwa Allah akan melindungi mereka adalah kunci keselamatan mereka.

5. Penurunan ayat-ayat Al-Quran

Surah Al-Fil juga menunjukkan bahwa peristiwa yang signifikan dapat menjadi inspirasi bagi penurunan ayat-ayat Al-Quran. Ini menegaskan pentingnya wahyu Allah dan pesan-pesan yang diberikan-Nya kepada manusia melalui Al-Quran.

Surah Al-Fil mengajarkan pentingnya iman, keajaiban Allah, dan perlindungan-Nya terhadap umat-Nya. Ini adalah pengingat bahwa kekuatan manusia dan kekuasaan duniawi bisa hancur dalam sekejap oleh kehendak Allah.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Makna, Kandungan, Dan Kelebihan Surah Al-Fiil yang bisa SlingaDigital Bagikan. Surah Al-Fil adalah sebuah surah pendek dalam Al-Quran yang mengandung makna dan pesan yang mendalam bagi umat Islam. Dalam surah ini, kita belajar tentang perlindungan Allah terhadap Ka’bah dan umat-Nya, keajaiban-Nya, serta pentingnya iman dalam menghadapi tantangan. Ini adalah pengingat yang kuat bahwa kekuatan manusia bisa hancur dengan mudah oleh kehendak Allah yang Maha Kuasa.

Surah Al-Fil juga mengajarkan kepada kita tentang pentingnya menjaga tempat-tempat suci dan menghormati rumah Allah. Ini adalah panggilan untuk berpegang teguh pada iman dan percaya bahwa Allah senantiasa melindungi mereka yang beriman.

Baca Juga:  Adab dan Anjuran Saat Memakai Sandal dan Melepas Sandal

Dalam surah ini, kita juga melihat bahwa peristiwa yang signifikan dapat menjadi inspirasi bagi penurunan wahyu Al-Quran. Ini menggarisbawahi pentingnya Al-Quran sebagai pedoman hidup bagi umat Islam.

Dengan memahami makna, kandungan, dan kelebihan Surah Al-Fil, kita dapat memperdalam keimanan kita dan menarik pelajaran berharga untuk menjalani kehidupan sehari-hari dengan keyakinan bahwa Allah adalah pemegang kekuasaan tertinggi yang selalu melindungi mereka yang beriman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *