Amalan Ya Robbana ya Quddus Dan Manfaat

Amalan Ya Robbana ya Quddus Dan Manfaat

Posted on

SlingaDigital – Amalan Ya Robbana ya Quddus Dan Manfaat. Dalam kesibukan kehidupan moden yang serba cepat dan kompleks, seringkali kita terlupa untuk mengakui keagungan dan kekudusan yang terkandung dalam doa-doa yang diajarkan oleh agama. Salah satu amalan yang menyentuh jiwa dan mengingatkan kita kepada kehadiran Ilahi ialah doa-doa seperti “Ya Robbana” dan “Ya Quddus”. Doa ini bukan sekadar rangkaian kata-kata, tetapi sebuah pintu kepada kekuatan spiritual yang mendalam dan kesejahteraan holistik.

Dalam artikel ini, kita akan menyelusuri makna serta khasiat yang terkandung dalam amalan “Ya Robbana, Ya Quddus”. Melalui pandangan yang mendalam, kita dapat memahami bagaimana doa ini tidak hanya menjadi ungkapan hati yang tulus, tetapi juga merupakan sumber kekuatan, keberkatan, dan kebijaksanaan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Amalan Ya Robbana ya Quddus

Di suatu daerah di Pulau Jawa, terdapat seorang ustadz yang hidup dalam keterbatasan ekonomi. Meski beliau memiliki ilmu agama yang amat bermanfaat bagi umat, pandangan masyarakat terhadapnya hanya sebatas seorang yang hidup dalam kemiskinan.

Dalam keadaan yang sulit, sang ustadz berharap kepada Allah agar diberikan pertolongan untuk mewujudkan niatnya membangun pesantren. Dengan pesantren tersebut, ilmunya dapat diwariskan kepada para santri, dan nasihat-nasihat keagamaan yang beliau sampaikan dapat tersebar lebih luas.

Baca Juga:  Amalan Bacaan Sholawat Adrikni Lengkap

Mujizat terjadi, doa sang ustadz dikabulkan, dan pesantren yang begitu luar biasa pun terbentuk. Santrinya bertambah dari hari ke hari.

Ketika penulis bertanya mengenai amalan yang dilakukan ustadz tersebut untuk mencapai kesuksesan, beliau dengan tulus menjawab bahwa segalanya hanya mungkin dengan izin Allah, yang apabila kita memohon, pasti akan diberikan, termasuk dalam hal rezeki.

Beliau kemudian menuliskan doa yang selalu diamalkannya untuk kesuksesan, terutama saat menghadapi keterbatasan finansial. Doa tersebut adalah:

“YA ROBBANA..YA QUDDUS
AJIB-LANA BIL FULUS
YA ROHMAN..YA ROHIM..YA MUBIN.”

Artinya secara umum adalah:
“Ya Tuhan kami, wahai Zat yang Maha Suci,
Kabulkanlah permohonan kami terkait rezeki,
Engkau yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Nyata.”

Doa ini disarankan untuk diamalkan setelah melaksanakan sholat fardhu, khususnya ketika kita merasa hidup dalam keterbatasan atau kesulitan finansial.

 

Cara Mengamalkan Amalan Ya Robbana ya Quddus

Mengamalkan doa “Ya Robbana ya Quddus” adalah langkah positif dalam mencari keberkahan dan mendekatkan diri kepada Sang Maha Suci. Berikut adalah cara mengamalkannya:

1. Niat yang Tulus

Mulailah dengan niat yang tulus dan ikhlas. Setiap amalan yang dilakukan dengan niat yang baik akan memberikan hasil yang lebih baik pula.

2. Waktu yang Tepat

Amalkan doa ini pada waktu yang baik, terutama setelah melaksanakan sholat fardhu. Pilihlah momen ketenangan di mana Anda dapat berkonsentrasi sepenuh hati.

3. Berwudhu

Sebelum mengamalkan doa, pastikan Anda dalam keadaan bersih dengan berwudhu. Kebersihan fisik juga menciptakan kebersihan spiritual.

4. Tempat yang Tenang

Pilihlah tempat yang tenang dan sejuk untuk mengamalkan doa ini. Hal ini akan membantu fokus dan khusyuk dalam berdoa.

Baca Juga:  Lirik Qasidah Allahu Anallah Majelis Rasulullah SAW

5. Mulai dengan Basmala

Bismillahirrahmanirrahim. Buka doa dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

6. Berdoa dengan Penuh Kehadiran Hati

Ucapkan doa “Ya Robbana ya Quddus” dengan penuh kekhusyukan dan kehadiran hati. Bayangkan kebesaran Allah dan merenungkan makna dari nama-nama-Nya.

7. Ucapkan dengan Penghayatan

Jangan hanya membaca doa secara mekanis, tetapi hayati setiap kata dan artinya. Biarkan hati Anda terbuka dan meresapi setiap kalimat.

8. Perbanyak Doa

Selain “Ya Robbana ya Quddus,” Anda dapat menambahkan doa-doa lain sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Memperluas doa bisa memberikan variasi yang positif.

9. Bersyukur dan Berdoa untuk Semua

Setelah selesai, luangkan waktu sejenak untuk bersyukur atas nikmat yang telah diberikan dan berdoa untuk kebaikan semua umat.

10. Konsistensi

Lakukan dengan konsistensi dan keyakinan. Amalan yang dilakukan dengan konsisten dan penuh keyakinan akan memberikan hasil yang lebih baik.

Ingatlah bahwa keberkahan datang dari Allah, dan doa adalah sarana untuk berkomunikasi dengan-Nya. Dengan mengamalkan doa “Ya Robbana ya Quddus” dengan sungguh-sungguh, Anda membuka pintu keberkahan dan kemurahan dari Yang Maha Suci.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Amalan Ya Robbana ya Quddus Dan Manfaat yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dalam setiap ucapannya, doa ini mencipta jembatan antara hamba dan Tuhannya, membawa serta harapan, kerinduan, dan tawakkal yang mendalam. Dalam sekejap doa, kita dapat merasakan kehadiran Ilahi yang maha suci, meresapi kekudusan-Nya, dan menyampaikan segala keluh kesah serta impian kita.

Melalui pemahaman akan manfaat dan keutamaan amalan ini, kita diingatkan tentang kekuatan doa sebagai pendorong kebaikan dalam hidup kita sehari-hari. Dari ketulusan hati yang terpancar melalui doa, kita dapat merasakan manfaat yang meluas dari dimensi spiritual hingga ke dimensi praktis kehidupan.

Baca Juga:  Amalan Hizib Maghrobi Serta Khasiatnya

Semoga setiap detik amalan ini mengukir jejak keberkatan dalam setiap langkah kita. Teruslah berdoa dengan penuh keyakinan, sebab setiap “Ya Robbana, Ya Quddus” yang kita lafazkan membuka pintu keampunan dan kebijaksanaan dari Yang Maha Kuasa.

Mari kita terus menghidupkan keajaiban doa ini dalam kehidupan kita, menjadikannya pilar kekuatan dan cahaya dalam gelapnya kehidupan. Dengan penuh harap, marilah kita terus bersama-sama meniti perjalanan rohaniah ini, membimbing hati menuju cahaya kasih sayang-Nya yang tak terhingga.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *