Amalan Bacaan Doa Akasyah Dan Terjemahan

Posted on

SlingaDigital – Amalan Bacaan Doa Akasyah Dan Terjemahan. Doa Akasyah adalah salah satu doa yang memiliki makna mendalam dalam ajaran Islam. Doa ini berasal dari seorang sahabat terdekat Nabi Muhammad SAW, yaitu Sayyidina Ali bin Abi Thalib RA. Merenungkan makna dari setiap kalimat dalam doa ini dapat memberikan wawasan mendalam mengenai kekuatan spiritual yang terkandung di dalamnya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang amalan bacaan Doa Akasyah beserta terjemahannya. Mengetahui makna di balik kata-kata dalam doa ini dapat membantu kita menguatkan hubungan spiritual dengan Allah SWT dan mendapatkan berkah serta perlindungan-Nya.

Mari kita telusuri bersama-sama bacaan Doa Akasyah dan terjemahannya untuk memperdalam pemahaman kita akan nilai-nilai keimanan yang terkandung di dalamnya.

 

 

Bacaan Doa Akasyah Dan Terjemahan

اللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ، بِسْمِ اللهِ النُّوْرِ نُوْرٌ عَلَى نُوْرٍ، الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ النُّوْرَ، وَأَنْزَلَ التَّوْرَاةَ عَلَى جَبَلِ الطُّوْرِ فِي كِتَابٍ مَسْطُوْرٍ. الحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ بِالغِنَاءِ مَذْكُوْرٌ، وَبِالعِزَّةِ وَالجَلَالِ مَشْهُوْرٌ، وَعَلَى السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ مَشْكُوْرٌ.

Allāhumma shalli ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallam. Bismillāhin nūri nūrun ‘alā nur. Alhamdu lillāhil ladzī khalaqan nūr, wa anzalat Taurāta ‘alā jabalit Thūr fī kitābim masthūr. Alhamdu lillāhil ladzī bil ghinā’I madzkūr, wa bil ‘izzati wal jalāli masyhūr, wa ‘alās sarrā’I wad dharrā’I masykūr.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan sejahtera(-Mu) atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya. Dengan nama Allah zat bercahaya, cahaya di atas cahaya. Segala puji bagi Allah yang menciptakan nur, dan menurunkan Taurat di atas bukit Thur pada kitab yang tertulis. Segala puji bagi Allah yang dengan kaya-Nya disebut, dengan kemuliaan dan kebesaran-Nya terkenal, dan yang pada saat (manusia) senang dan sulit tetap disyukuri.”

Baca Juga:  Ajian Kulhu Balik dalam Islam

 

وَالحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ خَلَقَ السَمٰوَاتِ وَالأَرْضَ وَجَعَلَ الظُّلُمَاتِ وَالنُّوْرَ، ثُمَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِرَبِّهِمْ يَعْدِلُوْنَ، كٓهٓيٓعٓصٓ حٰمٓ عٓسٓقٓ إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، اللهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ القَوِيُّ العَزِيْزُ، يَا كَافِيَ كُلِّ شَيْئٍ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَيْئٍ، بِيَدِكَ الخَيْرُ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.

Alhamdu lillāhil ladzī khalaqas samāwāti wal ardha, wa ja‘alaz zhulumāti wan nūr, tsummal ladzīna kafarū bi rabbihim ya‘dilūn. Kāf hā yā ‘aīn shād, hā mīm, ‘aīn sīn qāf, iyyāka na‘budu wa iyyāka nasta‘īn, yā Hayyu ya Qayyūm, yā Dzal jalāli wal ikrām. Allāhu lathīfum bi ‘ibādih, yarzuqu man yasyā’u wa huwal qawiyyul azīz, yā Kafiya kulli syaī’, washrif ‘annā kulla syaī’, bi yadikal khair, innaka ‘alā kulli syai’in qadīr

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang menciptakan langit dan bumi; dan menjadikan gelap dan nur, tetapi kemudian orang kafir kepada Tuhan mereka berpaling. Kepada-Mu kami menyembah; dan hanya kepada memohon pertolongan; wahai Zat yang hidup, wahai Zat yang tegak berdiri. Allah bersikap lembut kepada hamba-Nya dan memberi rezeki kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Dia Maha Kuat dan Perkasa. Wahai Zat yang mencukupi segala sesuatu. Palingkanlah segala sesuatu (mudarat) dari kami. Di tangan-Mu kebaikan itu. Sungguh, Engkau maha kuasa atas segala sesuatu.”

اللّٰهُمَّ يَا كَثِيْرَ النَّوَالِ، وَيَا دَائِمَ الوِصَالِ، وَيَا حُسْنَ الفِعَالِ، وَيَا رَازِقَ العِبَادِ عَلَى كُلِّ حَالٍ، وَيَا بَدِيْعًا بِلَا مِثَالٍ، وَيَا بَاقِي بِلَا زَوَالٍ، نَجِّنَا مِنَ الكُفْرِ وَالضَّلَالِ، بِحَقِّ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Allāhumma yā Katsīran nawāl, wa yā Dā’imal wishāl, wa yā Husnal fi‘āl, wa yā Rāziqal ‘ibādi ‘alā kulli hāl, wa yā Badī‘an bi lā mitsāl, wa yā Bāqī bi lā zawāl, najjinā minal kufri wad dhalāl, bi haqqi lā ilāha illallāhu Muhammadur rasūlullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam.

Artinya: “Ya Allah, wahai Zat yang banyak anugerah, wahai Zat yang selalu terhubung, wahai Zat yang baik perbuatan, wahai Zat yang memberikan rezeki hamba-Nya pada setiap kondisi, wahai Zat yang mencipta pertama tanpa contoh, wahai Zat yang kekal tanpa sirna, selamatkan kami dari kekafiran dan kesesatan dengan hakikat. Tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

Baca Juga:  Mengungkap Arti "Kullu Nafsin Dzaiqotul Maut": Perspektif Islam tentang Kematian

اللّٰهُمَّ إِنْ دَخَلَ الشَّكُّ فِي إِيْمَانِي بِكَ وَلَمْ أَعْلَمْ بِهِ أَوْعَلِمْتُ تُبْتُ عَنْهُ وَأَسْلَمْتُ وَأَقُوْلُ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Allāhumma in dakhalas syakku fī īmānī bika wa lam a‘lam bihī aw ‘alimtu tubtu ‘anhu wa aslamtu wa aqūlu lā ilāha illallāhu Muhammadur rasūlullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam

Artinya: “Ya Allah, jika keraguan hinggap pada keimananku kepada-Mu, baik tidak kusadari maupun kusadari, aku bertobat, menyerah, dan berkata, tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”

اللّٰهُمَّ إِنْ دَخَلَ الكُفْرُ فِي إِسْلَامِي بِكَ وَلَمْ أَعْلَمْ بِهِ أَوْعَلِمْتُ تُبْتُ عَنْهُ وَأَسْلَمْتُ وَأَقُوْلُ لَا إِلٰهَ إِلَّا اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Allāhumma in dakhalal kufru fī islāmī bika wa lam a‘lam bihī aw ‘alimtu tubtu ‘anhu wa aslamtu wa aqūlu lā ilāha illallāhu Muhammadur rasūlullah shallallāhu ‘alaihi wa sallam

Artinya: “Ya Allah, jika keraguan hinggap pada keislamanku kepada-Mu, baik tidak kusadari maupun kusadari, aku bertobat, menyerah, dan berkata, tidak ada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”

 

Keutamaan Amalan Bacaan Doa Akasyah

Amalan bacaan Doa Akasyah memiliki keutamaan yang luar biasa dalam Islam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Memohon Pengampunan Allah SWT

Doa Akasyah adalah doa pengampunan yang mendalam. Dalam doa ini, kita merendahkan diri dan memohon ampun Allah atas dosa-dosa kita. Keutamaan utama doa ini adalah bahwa Allah adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Melalui doa ini, kita dapat merasa dekat dengan-Nya dan menghapus dosa-dosa kita.

2. Penyejuk Hati

Bacaan Doa Akasyah bisa menjadi sumber penyejuk hati. Ketika hati kita dipenuhi dengan kecemasan, ketakutan, atau ketegangan, mengucapkan doa ini bisa membantu kita merasa lebih tenteram. Doa ini mengingatkan kita akan kebesaran Allah dan kuasa-Nya dalam mengatasi segala masalah.

Baca Juga:  Makna dan Keutamaan Kandungan Surat Al Mulk

3. Menghadapi Ujian dan Kesulitan

Keutamaan lain dari amalan Doa Akasyah adalah kemampuannya untuk membantu kita menghadapi ujian dan kesulitan. Dalam kehidupan yang penuh cobaan, doa ini adalah sumber kekuatan yang tak ternilai. Ketika kita merasa lemah, kita dapat mengandalkan doa ini untuk memohon pertolongan Allah.

4. Mengokohkan Iman

Doa Akasyah juga dapat membantu mengokohkan iman kita. Dengan merenungkan arti dan makna doa ini, kita akan semakin meyakini kebesaran Allah. Ini dapat memperkuat iman kita dan membuat kita lebih tekun dalam beribadah.

5. Menghampiri Allah

Doa Akasyah adalah cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam doa ini, kita merasa dekat dengan-Nya dan berbicara dengan-Nya dengan penuh kekhusyukan. Ini dapat meningkatkan hubungan spiritual kita dengan Sang Pencipta.

6. Membawa Harapan

Doa Akasyah mengandung harapan yang mendalam. Melalui doa ini, kita memohon pertolongan dan rahmat Allah. Ini mengingatkan kita bahwa tidak ada masalah atau kesulitan yang terlalu besar bagi Allah untuk mengatasi.

Dalam mengamalkan Doa Akasyah, kita juga perlu ingat bahwa keyakinan, ketulusan, dan niat yang baik sangat penting. Amalan ini akan lebih bermakna jika kita mengucapkannya dengan penuh kekhusyukan dan harapan kepada Allah SWT.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Amalan Bacaan Doa Akasyah Dan Terjemahan yang bisa SlingaDigital Bagikan. amalan bacaan Doa Akasyah dan terjemahan menjadi satu jendela spiritual yang memperkaya kehidupan seorang Muslim. Keajaiban doa ini tidak hanya terletak pada kata-katanya, tetapi juga pada keimanan dan keyakinan yang kita bawa saat melafalkannya. Ia adalah panggilan hati yang mendalam kepada Sang Pencipta, memohon pertolongan-Nya dan pengampunan-Nya.

Melalui artikel ini, kita telah mengeksplorasi makna dan keutamaan doa ini. Doa Akasyah memegang peran penting dalam memperkuat iman, menghadapi cobaan hidup, dan menjaga hati yang tenang dalam situasi sulit. Dengan berpegang pada doa ini, kita memiliki alat yang kuat untuk mendekatkan diri kepada Allah, meredakan kegelisahan, dan menjalin hubungan yang lebih erat dengan-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *