Bacaan Sholawat Nuridzati

Bacaan Sholawat Nuridzati Lengkap Serta Maknanya

Posted on

SlingaDigital – Bacaan Sholawat Nuridzati Lengkap Serta Maknanya. Sholawat, sebagai bentuk penghormatan dan doa untuk Nabi Muhammad SAW, merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Salah satu jenis sholawat yang memiliki makna mendalam adalah Sholawat Nuridzati. Kata “Nuridzati” memiliki arti “cahaya cinta”, mencerminkan kekhusyukan hati dalam mengagungkan junjungan kita.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap tentang bacaan Sholawat Nuridzati beserta maknanya. Mari kita temukan kedalaman makna spiritual yang terkandung dalam setiap kalimatnya.

 

Bacaan Sholawat Nuridzati

Bacaan sholawat Nuridzati adalah sebagai berikut:

للّٰهُمَّ صَلِّى وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلىٰ سّيِّدِنَا مُحَمَّدِ نِالنُّوْرِ الذَّاتِى وَالسِّرِّ السَّارِى فِى سَائِرِ الْأَسْمَاءِ وَالصِّفَاتِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allahumma Sholli Wa Sallim Wa Baarik ‘Ala Syayyidina Muhammadin-Nurizaati Wassirris Saari Fii Saairil Asmaai Washifaati Wa ‘Ala Aalihi Wa Shohbihi Wa Sallim.

Artinya: Ya Allah berikanlah rahmat keselamatan dan berkah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW merupakan cahaya Dzat (Allah) dan merupakan rahasia yang mengalir pada seluruh nama dan sifat dan berikanlah pula salam sejahtera, barokah atas kekurangan para sahabatnya.

Baca Juga:  Amalan Wirid Setelah Sholat

 

Keutamaan Bacaan Sholawat Nuridzati

Sholawat Nuridzati adalah salah satu bentuk sholawat yang memiliki keutamaan tersendiri dalam Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan dari Sholawat Nuridzati:

1. Mendatangkan Rahmat dan Keberkahan

Sholawat Nuridzati mengandung doa untuk memohon rahmat dan keberkahan dari Allah SWT. Dengan melantunkannya, diharapkan bahwa kita akan mendapatkan berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Menambah Keimanan dan Ketaqwaan

Mengamalkan Sholawat Nuridzati secara rutin dapat membantu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang. Sholawat ini mempererat hubungan spiritual antara hamba dengan Allah dan Nabi Muhammad SAW.

3. Membersihkan Hati dan Jiwa

Sholawat Nuridzati juga berfungsi sebagai sarana untuk membersihkan hati dan jiwa dari segala bentuk penyimpangan dan dosa. Dengan merenungkan makna dari setiap kalimat sholawat, seseorang dapat memperoleh kedamaian dalam dirinya.

4. Mendekatkan Diri kepada Nabi

Sholawat ini mengandung ungkapan cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan melantunkannya, kita mengungkapkan rasa kasih sayang dan kecintaan kepada beliau.

5. Mendapatkan Syafa’at Nabi

Amalan sholawat, termasuk Sholawat Nuridzati, diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendapatkan syafa’at (pertolongan) dari Nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

6. Menghadirkan Ketenangan Hati

Mengamalkan Sholawat Nuridzati secara khusyuk dan penuh khushu’ dapat membawa ketenangan dan kedamaian dalam hati seseorang. Ini karena sholawat adalah bentuk dzikir kepada Allah SWT.

7. Meraih Cinta dan Kedekatan Allah

Dengan mengamalkan Sholawat Nuridzati, seseorang berusaha mendekatkan diri kepada Allah melalui cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Cinta kepada Rasulullah adalah bagian penting dari iman.

8. Mendatangkan Keberkahan dalam Keluarga

Sholawat juga dapat membawa keberkahan dalam kehidupan keluarga. Dengan memperbanyak mengucapkan sholawat, diharapkan keluarga akan dilimpahi rahmat dan keberkahan.

Baca Juga:  Bacaan Tawasul Tahlil Beserta Terjemahannya

Penting untuk diingat bahwa keutamaan sholawat juga tergantung pada keikhlasan dan kekhusyukan hati seseorang saat melantunkannya. Semoga dengan mengamalkan Sholawat Nuridzati, kita dapat mendapatkan manfaat dan keberkahan dalam kehidupan kita.

 

Makna Bacaan Sholawat Nuridzati

Sholawat Nuridzati adalah salah satu bentuk sholawat yang mengandung doa dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Makna dari bacaan Sholawat Nuridzati adalah sebagai berikut:

اللهم صلي على سيدنا محمد نور الأنوار وسر الأسرار وجلي الأسرار وسر السرار وجلي السرار

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada junjungan kami Muhammad, cahaya segala cahaya, rahasia segala rahasia, penyataan segala rahasia, keajaiban segala rahasia.”

Makna dari sholawat ini adalah sebagai ungkapan penghormatan dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW dengan menyebut sifat-sifat luhur dan keistimewaan beliau. Beberapa makna dari istilah-istilah dalam sholawat ini adalah:

1. نور الأنوار (Nur al-Anwar)

Cahaya segala cahaya, menggambarkan betapa terang dan bersinar cahaya Nabi Muhammad SAW dalam membimbing umat manusia ke jalan yang benar.

2. سر الأسرار (Sirr al-Asrar)

Rahasia segala rahasia, menunjukkan bahwa Nabi Muhammad memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang hal-hal yang tersembunyi atau teramat dalam dalam agama.

3. جلي الأسرار (Jali al-Asrar)

Penyataan segala rahasia, menandakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pembawa ajaran dan petunjuk yang jelas dan terang bagi umat manusia.

4. سر السرار (Sirr al-Sirr)

Rahasia dari rahasia, menggambarkan bahwa Nabi Muhammad memiliki pengetahuan dan pemahaman yang sangat dalam tentang hal-hal yang sangat mendalam dalam kehidupan spiritual.

5. جلي السرار (Jali al-Sirr)

Penyataan dari rahasia, menunjukkan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah pembawa ajaran dan petunjuk yang jelas dan terang bagi umat manusia dalam hal-hal yang bersifat spiritual dan mendalam.

Baca Juga:  Makna Dan Kandungan Surat Yasin Ayat 82 Beserta Terjemahan

Dengan mengucapkan Sholawat Nuridzati, umat Islam berharap untuk mendapatkan berkah, keberkahan, dan mendekatkan diri kepada Allah melalui penghormatan dan pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat ini juga mengandung doa untuk mendapatkan kebijaksanaan dan pengetahuan yang mendalam dalam agama Islam.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Bacaan Sholawat Nuridzati Lengkap Serta Maknanya yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dengan demikian, kita telah mengeksplorasi bacaan Sholawat Nuridzati secara lengkap beserta maknanya yang dalam.

Sholawat ini membawa pesan cinta, penghormatan, dan harapan kepada Nabi Muhammad SAW, serta mengingatkan kita akan kebesaran dan keberkahan yang dimiliki beliau. Semoga bacaan Sholawat Nuridzati ini senantiasa mengalir dari hati kita, mengisi kehidupan kita dengan cahaya, dan mendekatkan kita kepada ajaran dan teladan yang luar biasa dari Nabi besar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *