Tentang Masjid Umar Muhdhor

Tentang Masjid Umar Muhdhor Di Kota Tarim

Posted on

SlingaDigital – Tentang Masjid Umar Muhdhor Di Kota Tarim. Masjid bukan sekadar tempat ibadah, namun juga merupakan pusat spiritual dan kegiatan komunitas bagi umat Islam. Di tengah-tengah kota Tarim yang kaya akan sejarah keislaman, berdiri megah Masjid Umar Muhdhor. Inilah tempat yang menghimpun jama’ah untuk melaksanakan ibadah, memperdalam ilmu agama, dan memperkuat tali silaturahmi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang keunikan dan keberkahan yang terkandung di dalam dinding Masjid Umar Muhdhor. Dari sejarah berdirinya hingga peran pentingnya dalam kehidupan keagamaan masyarakat Tarim, mari kita menggali keindahan spiritual yang terpancar dari tempat suci ini.

 

Tentang Masjid Umar Muhdhor

Salah satu tempat yang takkan terlupakan bagi siapa pun yang telah mengunjungi Tarim adalah Masjid Umar Muhdhor.

Berlokasi di utara pasar Tarim, tepat di sebelah jalan menuju Hawi, masjid ini memberikan pemandangan menara yang menjulang tinggi dengan dominasi warna putih yang terhampar hijau di bagian tepinya. Di sekitar menara itulah Masjid Umar Muhdhor berdiri dengan megah, sebuah tempat ibadah yang dihormati dan menjadi sumber kebanggaan bagi penduduk setempat.

Awalnya, masjid ini didirikan oleh al-Imam Umar Muhdhor pada tahun 833 H dan kemudian direnovasi oleh Habib Abu Bakar bin Umar bin Syihab pada tahun 1341 H.

Salah satu hal unik dari masjid ini adalah menaranya. Menara ini menjulang tinggi dengan struktur empat persegi dan mencapai ketinggian sekitar 100 meter. Sebelum direnovasi oleh Habib Abu Bakar bin Umar Syihab, menara ini memiliki struktur yang bulat.

Baca Juga:  Lirik Qasidah Ya Dzakirin Lengkap Dengan Artinya

Keistimewaan dari Masjid Umar Muhdhor tak hanya terletak pada strukturnya, namun juga pada bahan material yang digunakan. Semua dibuat dari campuran tanah liat dan air. Arsitekturnya yang megah dan ketinggian menaranya menjadi tak tertandingi di seluruh provinsi Hadhramaut. Tidak heran jika menara ini menjadi ikon kebanggaan bagi kota Tarim.

Masjid ini juga terkenal dengan berbagai aktivitas rutin yang diadakan oleh masyarakat Tarim. Baik itu perayaan Maulid, Rauhah, maupun kegiatan keislaman lainnya, semuanya sudah terjadwal dengan baik. Masjid ini, yang dapat menampung sekitar 2000 jamaah, turut serta dalam acara-acara besar seperti pembacaan Maulid Nabi pada pagi hari tanggal 12 Rabi’ul Awal dan hari pertama bulan Rajab, serta acara Khatmil-Qur’an setiap tanggal 29 Ramadhan.

Acara-acara besar seperti ini dihadiri oleh mayoritas penduduk Tarim, bahkan banyak yang datang dari luar kota. Masjid ini sering kali tak mampu menampung jumlah jamaah yang hadir sehingga sebagian dari mereka harus meluber hingga ke jalan raya.

Tidak hanya karena keunikan strukturnya, Masjid Umar Muhdhor juga terkenal karena kesakralannya dan keajaiban-keajaiban yang dianggap tak terpikirkan namun telah terbukti. Salah satu di antaranya adalah bahwa di masjid ini, tak ada seorang pun yang memohon perlindungan kecuali ia akan selamat. Tak hanya itu, setiap hajat yang dimohonkan di masjid ini pasti akan terkabul. Bahkan untuk pembunuh sekalipun, jika ia mencari perlindungan di masjid ini, tak ada yang bisa menyakiti atau mengganggunya, semua hanya bisa menunggu di luar. Dan bagi siapa saja yang bersumpah dusta di masjid ini, hukuman dari Allah SWT akan segera menimpanya, terkadang kakinya bahkan akan melekat pada bumi sampai ia berjanji kepada Allah SWT untuk tidak mengulanginya lagi.

Baca Juga:  Amalan Wirid untuk Bertemu Sodara Kembar Kita

 

Tentang Masjid Syaikh Umar Muhdhar

Terletak di utara pasar Tarim, masjid ini menonjol dengan menaranya yang menjulang tinggi, dengan warna putih yang dipadu dengan sentuhan hijau di bagian tepinya. Pendirian masjid ini pertama kali dilakukan oleh al-Imam Umar Muhdhor pada tahun 833 H, dan kemudian mengalami renovasi oleh Habib Abu Bakar bin Umar bin Syihab pada tahun 1341 H.

Salah satu fitur unik dari masjid ini adalah menaranya yang tinggi, berstruktur empat persegi dengan ketinggian mencapai sekitar 100 meter. Sebelum direnovasi, menara ini memiliki struktur bulat. Kini, menara ini telah menjadi salah satu ikon kota Tarim yang membanggakan.

Masjid ini juga dikenal dengan berbagai aktivitas rutin keagamaan yang diadakan oleh masyarakat Tarim. Mulai dari perayaan Maulid, Rauhah, hingga kegiatan-kegiatan keislaman lainnya. Masjid ini dapat menampung sekitar 2000 jamaah dan turut serta dalam acara-acara besar seperti pembacaan Maulid Nabi dan acara Khatmil-Qur’an.

Lebih dari sekadar bangunan fisik, Masjid Syaikh Umar Muhdhor juga dianggap sakral dan terkenal dengan berbagai keajaiban yang dianggap tak terpikirkan namun telah terbukti. Penduduk setempat mempercayai bahwa masjid ini adalah tempat yang aman, di mana setiap doa yang dipanjatkan akan dikabulkan.

Dengan semua keistimewaannya, Masjid Syaikh Umar Muhdhor tetap menjadi pusat kegiatan keagamaan dan simbol kebanggaan bagi penduduk Tarim.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Masjid Umar Muhdhor Di Kota Tarim yang bisa SlingaDigital Bagikan. Inilah keajaiban sebuah tempat suci yang sarat akan sejarah dan makna spiritual di Kota Tarim, Masjid Umar Muhdhor. Dengan arsitektur yang indah dan atmosfer yang mendalam, masjid ini terus menjadi tempat ibadah dan refleksi bagi banyak orang. Semoga artikel ini telah memberikan wawasan yang berharga tentang keberadaan dan arti penting masjid ini dalam kehidupan masyarakat Tarim, serta sejauh mana dampak spiritual yang dihasilkan oleh tempat yang luar biasa ini. Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengunjungi Kota Tarim, Masjid Umar Muhdhor adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan.

Baca Juga:  Makna Dan Kandungan Pada Surat Al-Fil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *