Kandungan Surat At Taubah

Keutamaan Dan Kandungan Surat At Taubah Ayat 128–129

Posted on

SlingaDigital – Keutamaan Dan Kandungan Surat At Taubah Ayat 128–129. Surat At-Taubah dari Al-Quran adalah sumber kearifan dan petunjuk yang sangat berharga bagi umat Islam. Ayat 128 dan 129 dari surat ini membawa pesan-pesan penting yang relevan dengan kehidupan kita saat ini. Dalam artikel ini, kita akan menyelami makna dan hikmah yang terkandung dalam kedua ayat ini.

Ayat 128 dan 129 dari Surat At-Taubah menawarkan wawasan tentang kekuatan iman, cinta kepada Allah, dan pengabdian yang tulus. Mereka mengajarkan tentang pentingnya bersandar kepada-Nya dalam setiap aspek kehidupan, serta memberikan bukti akan kasih sayang dan rahmat-Nya yang tidak terbatas.

Mari kita bersama-sama menggali kedalaman makna dari ayat-ayat yang mulia ini, dan mencoba memahami bagaimana pesan-pesan ini dapat membimbing dan memberkati kehidupan kita sehari-hari.

 

Surat At Taubah Ayat 128

لَقَدْ جَاۤءَكُمْ رَسُوْلٌ مِّنْ اَنْفُسِكُمْ عَزِيْزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيْصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ

“Laqad jā’akum rasūlum min anfusikum ‘azīzun ‘alaihi mā ‘anittum ḥarīṣun ‘alaikum bil-mu’minīna ra’ūfur raḥīm(un).”

Artinya: “Sungguh, benar-benar telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri.

Berat terasa olehnya penderitaan yang kamu alami, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, dan (bersikap) penyantun dan penyayang terhadap orang-orang mukmin.”

Baca Juga:  Amalan Bismillah Segala Hajat

Surat At Taubah Ayat 129

فَاِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۗ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ ࣖ

“Fa in tawallau faqul ḥasbiyallāhu lā ilāha illā huw(a), ‘alaihi tawakkaltu wa huwa rabbul-‘arsyil-‘aẓīm(i).”

Artinya: “Jika mereka berpaling (dari keimanan), katakanlah (Nabi Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku. Tidak ada tuhan selain Dia.

Hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan pemilik ‘Arasy (singgasana) yang agung.”

Kandungan Surat At Taubah ayat 128–129

Dalam ayat 128, Allah SWT memberikan jaminan kepada Nabi Muhammad SAW bahwa Allah akan memadai sebagai pelindung dan pertolongan bagi beliau dan para mukmin yang mengikuti ajarannya.

Wahai bangsa Arab sungguh telah datang kepada kalian seorang rasul dari golongan kalian yang terasa keras dan berat penderitaan kalian baginya, yaitu kepayahan dan penderitaan kalian oleh azab dunia atau akhirat.

Rasul yang sangat menginginkan keimanan kalian dan keluarnya kalian dari neraka, dan sangat mengasihi dan menyayangi orang-orang mukmin.

Ra’fah itu lebih lembut dari rahmah, yang mana disertai dengan kelemah lembutan yang mampu menghilangkan sebab suatu musibah. Dan rahmat itu di dalamnya mengandung kebaikan dan pemberian (Tafsir Al-Wajiz).

Sementara dalam ayat 129, Allah memberi perintah kepada Nabi Muhammad SAW untuk mendorong para mukmin untuk berperang, jika di antara mereka terdapat orang-orang yang sabar. Dengan kesabaran, sejumlah kecil orang mukmin dapat mengalahkan jumlah yang lebih besar dari musuh yang kafir.

Wahai rasul, jika mereka menolak untuk beriman maka katakanlah kepada mereka: “Cukuplah Allah yang menjadi penolong dan penyelamatku.

Dialah satu-satunya Tuhan yang aku serahkan urusan-urusanku. Dialah Tuhan kursi yang lebih agung dari seluruh makhluk.”

Baca Juga:  Amalan Surat Al Rad Ayat 31 Serta Kandungan dan Artinya

Dan Arsy itu adalah makhluk yang tidak diketahui keagungan dan hakikatnya kecuali hanya Allah SWT yang tahu.

Kami beriman atas apa yang terkandung dalam Al-Qur’an tanpa menyamakan dengan sesuatu yang sudah lazim.”

Ditafsirkan oleh sebagian ulama’ bahwa Dialah pemilik kerajaan dan kewenangan yang menentukan dan mengatur atas setiap sesuatu dan perkara (Tafsir Al-Wajiz).

Ayat-ayat ini memberikan instruksi penting kepada umat Islam untuk mempertahankan agama dan kebenaran, sambil menekankan pentingnya kesabaran dan keteguhan hati dalam menghadapi cobaan dan konflik.

 

Keutamaan Surat At Taubah

Surat At-Taubah, yang juga dikenal sebagai Surat Bara’ah, adalah salah satu surat yang memiliki keutamaan yang luar biasa dalam Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan dari Surat At-Taubah:

1. Tidak Mengandung Bismillah

Surat At-Taubah adalah satu-satunya surat dalam Al-Quran yang tidak diawali dengan Bismillah (بسم الله الرحمن الرحيم). Hal ini menunjukkan kekhususan dan keunikan surat ini.

2. Pembersihan Dari Penyembah Berhala

Surat At-Taubah mengandung pernyataan yang tegas bahwa orang-orang musyrik (penyembah berhala) harus diusir dari Tanah Haram (Makkah) setelah jatuhnya jangka waktu kesepakatan damai. Hal ini merupakan langkah penting dalam membersihkan Tanah Haram dari praktek kekufuran.

3. Peringatan untuk Meningkatkan Iman

Surat ini memberikan peringatan kepada orang-orang munafik dan musyrik, serta meminta mereka untuk bertaubat dan meningkatkan iman mereka.

4. Penjelasan Tentang Kontrak Damai

Surat At-Taubah juga memuat penjelasan tentang kontrak damai yang pernah dibuat antara Rasulullah SAW dan suku-suku non-Muslim di sekitar Makkah. Surat ini memberikan tuntunan tentang bagaimana berlaku dalam konteks hubungan damai.

5. Pengajaran Tentang Jihad dan Keberanian

Ayat-ayat dalam Surat At-Taubah memberikan ajaran tentang pentingnya berperang dalam jihad untuk membela agama dan mempertahankan kebenaran. Surat ini juga menekankan keberanian dan keteguhan hati dalam menghadapi musuh.

Baca Juga:  Lirik Qasidah Allahu Anallah Majelis Rasulullah SAW

6. Pengingat akan Akhirat dan Hari Penghakiman

Surat ini mengingatkan umat Islam akan akhirat, hari penghakiman, dan pentingnya mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

7. Pentingnya Bertaubat

Surat At-Taubah mengajarkan tentang pentingnya bertaubat dan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT. Itu memberikan kesempatan bagi orang-orang yang telah melakukan kesalahan untuk memperbaiki perilaku mereka.

Penting untuk mencari pemahaman mendalam tentang surat ini dan mengambil pelajaran dari pesan-pesannya. Surat At-Taubah menawarkan petunjuk berharga bagi umat Islam dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk iman, taqwa, keberanian, dan persiapan untuk akhirat.

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Keutamaan Dan Kandungan Surat At Taubah Ayat 128–129 yang bisa SlingaDigital Bagikan. kita telah menggali kedalaman makna dari Surat At-Taubah Ayat 128-129. Kedua ayat ini mengandung ajaran berharga tentang kekuatan iman, kepatuhan kepada Allah, dan pengabdian yang tulus. Mereka memicu refleksi tentang keberanian, kesabaran, dan ketekunan dalam menghadapi ujian dan tantangan kehidupan.

Keutamaan Surat At-Taubah adalah bahwa ia mengingatkan kita akan pentingnya bersandar kepada Allah dalam setiap aspek kehidupan dan menunjukkan kasih sayang-Nya yang tak terbatas. Ia memberikan inspirasi untuk bertindak dengan keberanian dan keyakinan, bahkan ketika kita berhadapan dengan kesulitan.

Dalam memahami dan mengaplikasikan ajaran dari kedua ayat ini, kita dapat menumbuhkan sikap yang lebih kuat dalam menghadapi ujian kehidupan sehari-hari. Kesabaran, keberanian, dan kepatuhan kepada Allah adalah kunci untuk melewati setiap rintangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *