Sholawat

Lirik dan Terjemahan sholawat Astaghfirullah Robal Baroya

Posted on

SlingaDigital – Lirik dan Terjemahan sholawat Astaghfirullah Robal Baroya. Sholawat, sebagai ekspresi spiritual dalam agama Islam, memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menyampaikan pesan-pesan keagamaan serta menghadirkan rasa kedamaian dan keharmonisan dalam hati pendengarnya. Salah satu sholawat yang memiliki popularitas tinggi dan penuh dengan makna mendalam adalah “Astaghfirullah Robal Baroya”. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lirik dan terjemahan dari sholawat ini, serta menggali makna-makna spiritual yang terkandung di dalamnya.

Dengan melangkah lebih dalam ke dalam lirik dan terjemahan sholawat “Astaghfirullah Robal Baroya”, kita akan menemukan pesan-pesan tobat, pengampunan, dan kerendahan hati yang mampu menggetarkan jiwa serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Mari kita memahami dan merenungi setiap kata yang tersemat dalam sholawat ini, serta membiarkan pesannya menginspirasi dan membimbing langkah-langkah kita dalam kehidupan sehari-hari.

 

Lirik dan Terjemahan sholawat Astaghfirullah Robal Baroya

اَسْـتــَـــغْـفِرُ الله ْ رَبَّ الــْـــــْبَرَايـَا اَسْتــَغْــفِرُ الله ْ مِنَ الــْخَـطَايـَـا
رَبِّ زِدْنـِيْ عِلــْـمًا نــَافــِعًا وَوَافِــقْ لـِيْ عَــمَلا ً مَقــْــبُـــوْلاً
اَسْـتــَـــغْـفِرُ الله ْ رَبَّ الــْـــــْبَرَايـَا اَسْتــَغْــفِرُ الله ْ مِنَ الــْخَـطَايـَـا
رَبِّ زِدْنـِيْ عِلــْـمًا نــَافــِعًا وَوَافِــقْ لـِيْ عَــمَلا ً مَقــْــبُـــوْلاً
وَوَاهَـبْ لِيْ رِزْقًا حَلاَ لاً وَتــُبْ عَلَيَّ تــَوْبـَـةً نــَصُوْحًا
يــَاحَنــَّانُ يــَا مَنــَّانُ اَلله يــَا دَيــَّانُ يــَا سُـلْطَانُ

Astaghfirullah Robbal baroya Astaghfirullah minal Khothoya
Robbi zidni ‘ilman nafi’an wawafiq li ‘amalan maqbula
Astaghfirullah Robbal baroya Astaghfirullah minal Khothoya
Robbi zidni ‘ilman nafi’an wawafiq li ‘amalan maqbula
Wawahab li rizqon halalan watub ‘alaina taubatan nasuha
Ya hanan ya mannan Allah Ya Dayyanu ya Sulthon

Baca Juga:  Arti Amalan Bacaan Tawwasul Dan Tahlil

Artinya:
Aku mohon ampun kepada Tuhannya manusia.
Aku mohon ampun kepada Allah dari segala kesalahan
Tuhan, tambahkan aku ilmu yang bermanfaat
dan terimalah amal yang maqbul bagiku
Berilah aku rizki yang halal
dan terimalah taubat nasuhaku
Ya Allah Al Hannan, Al Mannan
Ya Allah Ad Dayyan as Sulthon

 

 

Sholawat

Sholawat adalah istilah dalam Islam yang merujuk pada serangkaian doa, pujian, atau penghormatan yang ditujukan kepada Nabi Muhammad SAW atau kepada Allah SWT. Tradisi sholawat merupakan salah satu praktik ibadah yang penting dalam agama Islam, dipercaya membawa berkah dan keberkahan bagi orang yang melantunkannya.

Secara historis, praktik sholawat telah menjadi bagian integral dari kehidupan umat Islam sejak zaman Nabi Muhammad. Sholawat tidak hanya merupakan bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad, tetapi juga dianggap sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, serta memperoleh rahmat dan ampunan-Nya.

Sholawat dapat diucapkan dalam berbagai bentuk, mulai dari doa-doa sederhana hingga bait-bait puisi yang panjang dan indah. Beberapa sholawat juga memiliki melodi atau lagu yang khas, sehingga sering dinyanyikan dalam berbagai acara keagamaan atau perayaan Islam.

Selain menjadi bentuk ibadah, sholawat juga dipercaya memiliki kekuatan spiritual yang kuat, mampu menghadirkan kedamaian dan ketenangan dalam hati yang melantunkannya. Oleh karena itu, praktik sholawat sering kali menjadi bagian penting dalam kehidupan rohani umat Islam di seluruh dunia.

 

Keutamaan Sholawat

Sholawat, sebagai bentuk pujian dan doa bagi Nabi Muhammad SAW, memiliki keutamaan yang besar dalam Islam. Rasulullah sendiri telah memberikan penekanan yang kuat terhadap pentingnya melantunkan sholawat, dan dalam Al-Qur’an pun disebutkan bahwa Allah dan para malaikat-Nya senantiasa bershalawat kepada Nabi.

Baca Juga:  Makna dan Kandungan Amalan Surat Al - Ikhlas Ayat 1 - 4

1. Meraih Berkah dan Kedekatan dengan Allah

Salah satu keutamaan utama sholawat adalah mendapatkan berkah dan keberkatan dari Allah SWT. Dengan senantiasa mengingat Nabi Muhammad SAW dan memanjatkannya dalam sholawat, umat Islam dijanjikan rahmat dan keberkahan dari Allah.

2. Menghapuskan Dosa-dosa

Rasulullah mengajarkan bahwa sholawat adalah sarana yang efektif untuk menghapus dosa-dosa. Dengan merutinkan melantunkan sholawat, seseorang dapat membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

3. Pengangkatan Derajat di Sisi Allah

Sholawat juga merupakan amal baik yang akan mengangkat derajat seseorang di sisi Allah SWT. Rasulullah menyampaikan bahwa setiap kali seseorang melantunkan sholawat, maka Allah akan mengangkat derajatnya di sisi-Nya.

4. Pengabdi kepada Nabi Muhammad SAW

Melantunkan sholawat adalah wujud pengabdian dan kesetiaan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan senantiasa mengingat dan memuji beliau, umat Islam menegaskan kecintaan dan penghormatan mereka kepada utusan Allah.

5. Penerimaan Doa yang Lebih Mudah

Sholawat juga membuat pintu-pintu rahmat dan ampunan Allah terbuka lebih lebar. Rasulullah menyatakan bahwa Allah SWT lebih mudah menerima doa yang diawali dan diakhiri dengan sholawat.

Dengan memahami keutamaan-keutamaan tersebut, umat Islam diajak untuk rutin melantunkan sholawat sebagai bentuk ibadah dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW, serta untuk mendapatkan berkah dan kedekatan dengan Allah SWT.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Lirik dan Terjemahan sholawat Astaghfirullah Robal Baroya yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dalam setiap baitnya, sholawat “Astaghfirullah Robal Baroya” menyiratkan kerendahan hati dan kerinduan yang mendalam akan ampunan Allah SWT. Dengan melantunkan kata-kata yang penuh dengan permohonan maaf dan penyesalan, umat Islam diingatkan akan pentingnya bertaubat dan memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan.

Baca Juga:  Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya

Melalui lirik dan terjemahan sholawat ini, kita diperkenalkan pada sebuah perjalanan spiritual yang mengajarkan nilai-nilai kesadaran diri, keteladanan, dan keikhlasan dalam menjalani kehidupan. Pesan-pesan yang terkandung dalam setiap kalimat sholawat ini mengingatkan kita akan pentingnya menjaga hubungan yang baik dengan Allah SWT dan meningkatkan kualitas spiritualitas dalam diri.

Semoga melalui pemahaman akan makna dan pesan yang terkandung dalam sholawat “Astaghfirullah Robal Baroya” ini, kita dapat memperdalam hubungan kita dengan Allah SWT, meningkatkan kesadaran akan dosa-dosa yang telah dilakukan, serta memperbaiki perilaku dan kehidupan kita ke arah yang lebih baik. Dengan demikian, setiap kalimat sholawat yang kita lantunkan akan menjadi doa yang tulus dan penuh makna, serta membawa berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *