Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya

Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya

Posted on

SlingaDigital – Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya. Di dalam kehidupan umat Islam, kecintaan dan pengagungan kepada Rasulullah Muhammad SAW merupakan puncak dari keimanan yang sejati. Salah satu bentuk penghormatan yang paling mulia adalah dengan membaca shalawat, pujian dan doa keselamatan bagi Nabi Muhammad.

Di antara berbagai bacaan shalawat yang disebutkan dalam tradisi Islam, Shalawat Nariyah memiliki kedudukan yang istimewa. Dikenal sebagai ‘doa api’, Shalawat Nariyah menjadi sebuah dzikir yang membakar kerinduan kita akan cahaya keberkahan yang dipancarkan oleh kehadiran Rasulullah.

Mari kita telusuri bersama dalam artikel ini tentang makna dan keutamaan dari Bacaan Shalawat Nariyah, sebuah perjalanan spiritual yang membawa kita lebih dekat kepada Allah melalui cinta kepada Rasulullah yang tak terhingga.

 

Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya

Seperti sholat pada umumnya, Sholawat Nariyah juga ditujukan untuk memuji Rasulullah SAW. Berikut bacaan Sholat Nariyah dengan tulisan arab, latin beserta artinya.

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

“Allahumma shali shalaatan kaamilatan wasallim salaaman taamman ‘alaa sayyidina muhammadinil ladzii tanhallu bihil ‘uqodu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhaa bihil hawaa-iju. Wa tunaalu bihir-raghaa-ibu wa husnul khowaatimi wa yustasqal ghamaamu bi wajhihil kariimi wa ‘alaa aalihii wa shohbihi fii kulli lamhatin wa nafasin bi ‘adadi kulli ma’luumin laka.”

Baca Juga:  Perbedaan Penggunaan Kata Ilaa Ruhi, Ilaa Arwahi & Ilaa Hadroti Untuk Kirim Alfatihah

Artinya: “Wahai Allah, limpahkanlah rahmat dan salam yang sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, tunaikan segala macam hajat, dan tercapai segala macam keinginan dan husnul khotimah.

Dicurahkan air hujan (rahmat) dengan berkah pribadinya yang mulia. Semoga rahmat dan salam yang sempurna itu juga tetap tercurah kepada para keluarga dan sahabat beliau, setiap kedipan mata dan hembusan nafas, sebanyak bilangan yang diketahui oleh Engkau.” Manfaat Membaca Sholawat Nariyah 11 Kali

 

Keutamaan Membaca Shalawat Nariyah

Dalam kehidupan spiritual seorang Muslim, bacaan shalawat merupakan sumber keberkahan dan kebahagiaan yang tiada tara. Di antara shalawat-shalawat yang dikenal, Shalawat Nariyah menonjol dengan keistimewaannya yang mengalirkan berkah kepada yang membacanya.

Shalawat Nariyah, juga dikenal sebagai ‘doa api’, adalah sebuah amalan yang penuh makna dan keutamaan. Membaca shalawat ini merupakan sebuah penghormatan dan pengagungan kepada Rasulullah Muhammad SAW, serta merupakan ungkapan cinta yang tulus dari hati yang penuh kekaguman.

Keutamaan dari membaca Shalawat Nariyah adalah sungguh banyak. Di antaranya adalah:

1. Memperoleh Syafaat

Rasulullah SAW telah menjanjikan syafaat bagi mereka yang rajin membaca shalawat untuknya. Dengan membaca Shalawat Nariyah, kita memperoleh kesempatan untuk mendapatkan syafaatnya di hari kiamat.

2. Penghapus Dosa

Membaca shalawat merupakan sarana yang efektif untuk menghapus dosa-dosa kecil dan besar. Shalawat Nariyah, dengan keistimewaannya, menjadi penghapus dosa yang lebih kuat lagi.

3. Menarik Kasih Sayang Allah

Allah SWT memberikan kasih sayang-Nya kepada hamba-Nya yang mengungkapkan cinta dan pengagungan kepada Rasulullah. Dengan membaca Shalawat Nariyah, kita mendekatkan diri kepada Allah dan meraih kasih sayang-Nya.

Baca Juga:  Amalan Doa Sapu Jagat

4. Mengalirkan Keberkahan

Shalawat Nariyah menjadi sumber keberkahan bagi kehidupan kita. Dengan membacanya secara rutin, kita membuka pintu-pintu keberkahan yang mengalir deras dalam setiap aspek kehidupan.

5. Mengusir Kesusahan dan Kesulitan

Rasulullah SAW telah mengajarkan bahwa membaca shalawat merupakan cara yang ampuh untuk mengusir kesedihan dan kesulitan. Shalawat Nariyah menjadi penyejuk bagi hati yang gundah dan beban yang berat.

Membaca Shalawat Nariyah bukanlah sekadar sebuah amalan rutin, melainkan sebuah ladang keberkahan dan keberuntungan. Mari kita laksanakan amalan mulia ini dengan penuh keikhlasan dan kecintaan kepada Rasulullah, semoga kita semua memperoleh manfaat dan keberkahan yang melimpah dari-Nya.

 

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya yang bisa SlingaDigital Bagikan. Mengikuti jejak keberkahan dan keutamaan Shalawat Nariyah telah membawa kita dalam perjalanan spiritual yang mendalam. Dalam penutup ini, marilah kita merenungkan betapa besar kasih sayang Allah SWT yang melimpahkan berkah kepada mereka yang mengungkapkan cinta kepada Rasulullah SAW.

Dengan setiap lafaz Shalawat Nariyah yang kita baca, kita mengetuk pintu-pintu rahmat-Nya yang tak terhingga. Kita berharap agar amalan ini tidak sekadar menjadi rangkaian kata-kata yang terucap, melainkan sebuah ungkapan jiwa yang tulus dan ikhlas kepada Nabi Muhammad SAW, sang pemimpin yang dirindukan.

Semoga setiap shalawat yang kita panjatkan menjadi sebuah amalan yang membuka pintu-pintu surga, menghamparkan karpet-karpet keberkahan di dalam kehidupan kita. Semoga cinta kepada Rasulullah menjadi sumber inspirasi dan kekuatan dalam menghadapi segala cobaan dan rintangan.

Dengan mengucapkan shalawat, kita memperoleh bukan hanya keberkahan di dunia, tetapi juga syafaat di akhirat. Marilah kita terus menghidupkan kebiasaan mulia ini, menjadikannya sebagai bagian yang tak terpisahkan dari rutinitas kehidupan kita.

Baca Juga:  Makna dan Kandungan Amalan Surat Al - Ikhlas Ayat 1 - 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *