Lirik Ladrang Santi Mulyo

Lirik Ladrang Santi Mulyo, Ciptaan Ki Nartosabdo dan Terjemahan

Posted on

SlingaDigital – Lirik Ladrang Santi Mulyo, Ciptaan Ki Nartosabdo dan Terjemahan. Musik merupakan bentuk seni yang universal, mampu menyentuh hati dan jiwa manusia tanpa memandang batasan bahasa atau budaya. Sebagai ekspresi kreativitas manusia, musik memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari, baik sebagai sarana hiburan, ungkapan emosi, maupun medium komunikasi. Dengan beragam genre, alat musik, dan gaya bermusik, musik memiliki kekuatan untuk menginspirasi, menghibur, dan menyatukan orang-orang dari berbagai latar belakang. Lebih dari sekadar serangkaian nada dan irama, musik juga mencerminkan nilai-nilai, sejarah, dan identitas suatu budaya. Dengan demikian, musik tidak hanya menjadi bagian dari kehidupan kita, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keindahan dunia di sekitar kita.

Dalam sejarah seni budaya Indonesia, seni tradisional Jawa merupakan salah satu warisan yang kaya dan mempesona. Salah satu contoh yang menonjol adalah lirik-lirik dari tembang-tembang Jawa yang mengandung makna mendalam dan keindahan yang tak terbantahkan. Salah satu dari tembang tersebut adalah “Ladrang Santi Mulyo,” sebuah karya ciptaan dari Ki Nartosabdo.

Dalam artikel ini, kita akan menggali lebih dalam tentang lirik dari “Ladrang Santi Mulyo,” mencoba memahami maknanya serta memberikan terjemahan yang mungkin dapat membantu memperluas pemahaman kita tentang kekayaan seni budaya Jawa.

 

Tentang Ki Nartosabdo

Ki Nartosabdo adalah seorang maestro seni budaya Jawa yang terkenal karena kontribusinya dalam bidang karawitan Jawa. Ia lahir pada tanggal 8 Maret 1926 di Klaten, Jawa Tengah, dan meninggal pada tanggal 10 Oktober 1985. Namanya dikenal luas sebagai seorang dalang wayang kulit dan juga seorang pencipta tembang-tembang Jawa yang terkenal.

Baca Juga:  Lirik Lagu Sekali Ini Saja - Rossa

Ki Nartosabdo memiliki bakat yang luar biasa dalam bidang karawitan, terutama dalam membawakan tembang-tembang klasik Jawa. Ia dikenal sebagai salah satu tokoh yang berperan penting dalam melestarikan seni budaya Jawa, baik melalui karyanya maupun melalui penyampaian dan pengajaran kepada generasi penerus.

Salah satu karya terkenal Ki Nartosabdo adalah “Ladrang Santi Mulyo,” sebuah tembang Jawa yang penuh dengan makna dan keindahan. Karyanya tersebut menjadi bukti kepiawaian dan dedikasinya dalam melestarikan seni budaya tradisional Jawa. Ki Nartosabdo tidak hanya dikenal sebagai seorang seniman, tetapi juga sebagai seorang tokoh yang menginspirasi banyak orang dengan dedikasinya terhadap seni dan budaya Jawa.

 

Lirik Ladrang Santi Mulyo, Ciptaan Ki Nartosabdo

Santi mulyo santi mulyo
Luhur mulyaning negoro
Indonesia mesthi joyo
Tarlen saking

Golonging sedyo tomo
Manunggal mrih santoso
Cipto roso kebijaksanaan karso
Gumelare memayu hayuning bongso

Basuki yuwono sirno popo sangsoyo
Sampurnaning bebrayan gung pancasila
Mangambar gandanyo rum
Indonesia Langgeng mardiko

 

Terjemahan Lirik Ladrang Santi Mulyo, Ciptaan Ki Nartosabdo

“Kesejahteraan, kesejahteraan
Keagungan negeri
Indonesia pasti sejahtera
Di tengah

Kesatuan dalam keberagaman
Bersatu untuk kedamaian
Pandangan bijaksana dan kebijaksanaan
Semoga semua hidup dalam harmoni

Keselamatan dan kebahagiaan bagi semua
Melengkapi cita-cita Pancasila
Melukis masa depan
Indonesia abadi merdeka”

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Lirik Ladrang Santi Mulyo, Ciptaan Ki Nartosabdo dan Terjemahan yang bisa SlingaDigital Bagikan.
Dalam keindahan lirik “Ladrang Santi Mulyo” yang menjadi ciptaan Ki Nartosabdo, kita tidak hanya disuguhkan dengan harmoni melodi yang mengalun, tetapi juga dihantarkan pada pemaknaan mendalam tentang keagungan serta kesejahteraan negeri. Terjemahan dari lirik ini mengungkapkan pesan universal tentang pentingnya kesatuan, kedamaian, dan kebijaksanaan dalam mencapai cita-cita yang luhur bagi sebuah bangsa.

Baca Juga:  Lirik dan Terjemahan Lagu Hillsong - I Surrender

Dengan begitu, karya ini bukan hanya merupakan warisan seni budaya Jawa, tetapi juga sebuah refleksi dari nilai-nilai yang relevan bagi masyarakat luas. Semoga makna dan pesan yang terkandung dalam “Ladrang Santi Mulyo” terus menginspirasi dan mengingatkan kita akan pentingnya menjaga keharmonisan dan keselarasan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *