Amalan

Manfaat Membaca Bismillah Pada Bulan Ramadhan

Posted on

SlingaDigital – Manfaat Membaca Bismillah Pada Bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan, bulan suci yang dinanti-nantikan umat Islam di seluruh dunia, merupakan saat yang tepat bagi umat Islam untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu amalan yang sering dilakukan selama bulan Ramadhan adalah membaca Bismillah sebelum melakukan berbagai aktivitas, baik itu makan, minum, maupun menjalankan ibadah lainnya.

Di bulan Ramadhan, sebuah tindakan sederhana seperti membaca “Bismillah” sebelum melakukan sesuatu memiliki makna yang mendalam dan memberikan manfaat yang besar bagi jiwa dan spiritualitas kita. “Bismillahirrahmanirrahim”, atau yang lebih dikenal sebagai “Bismillah”, merupakan sebuah ungkapan yang sering kali diucapkan sebelum memulai aktivitas apa pun dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, di bulan suci Ramadhan, tindakan membaca “Bismillah” mengambil makna yang lebih dalam. Hal ini bukan hanya sekadar kebiasaan atau ritual, tetapi juga merupakan bentuk penghormatan dan pengakuan atas kebesaran Allah SWT. Dalam pembukaan ini, kita akan menjelajahi manfaat spiritual, psikologis, dan sosial dari membaca “Bismillah” di bulan Ramadhan, serta bagaimana tindakan sederhana ini dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan kita sehari-hari selama bulan yang penuh berkah ini.

 

Manfaat Membaca Bismillah Pada Bulan Ramadhan

Basmalah, meskipun merupakan bacaan ringan, memiliki manfaat besar, salah satunya adalah mendapatkan ridho Allah Ta’ala. Sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk membaca basmalah sebelum memulai setiap kegiatan atau pekerjaan. Bahkan, ada sebuah kisah menarik tentang bagaimana setan merasa terganggu oleh perlakuan seorang manusia yang konsisten membaca basmalah sebelum melakukan sesuatu. Setan tersebut gagal mempengaruhi manusia tersebut ke jalan sesat karena setiap tindakan manusia itu diawali dengan membaca ayat basmalah.

Baca Juga:  Lirik Shalawat " Ya Nabi Salam Alaika " lengkap Dengan Artinya

Manfaat membaca bismillah sebanyak 1000 kali juga sangat besar, salah satunya adalah mempercepat terwujudnya hajat. Menurut Imam Al Ghazali, seseorang yang ingin mewujudkan sesuatu yang menjadi keinginannya dalam hal yang baik atau positif disarankan untuk membaca basmalah sebanyak 1000 kali. Setelah itu, lakukan dua rakaat shalat sunah, dan panjatkanlah doa atau mintalah sesuatu yang diinginkan kepada Allah SWT. Dengan melakukan ini selama dua minggu berturut-turut, Insya Allah permintaan akan dikabulkan.

Jika Anda menginginkan permintaan Anda terkabul dengan cepat, Anda dapat mengikhtiarkan dengan membaca doa Basmalah yang khusus. Doa ini memohon kepada Allah dengan keutamaan “Bismillahirrahmanirrahim” untuk meninggikan pangkat, memudahkan urusan, dan melapangkan dada. Ulangilah doa ini sebanyak 118 kali, dan Insya Allah segala keinginan Anda akan terkabul.

Dengan demikian, pentingnya membaca bismillah tidak dapat diabaikan, terutama di bulan Ramadhan ketika pahala dan keberkahan diperbanyak. Semoga informasi ini bermanfaat dan membawa keberkahan bagi Anda.

 

Keistimewaan Bulan Ramadhan

1. Bulan Diwajibkannya Puasa Sebulan Penuh

Puasa ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, kecuali bagi mereka yang memiliki udzur syar’i. Selain memiliki keutamaan dalam hal kesehatan, mereka yang berpuasa dengan mengharap ridha Allah Ta’ala akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagian ketika berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Allah Ta’ala pada hari akhir nanti.

2. Bulan Diturunkannya Al-Quran

“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur.” (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 185)

Baca Juga:  Manfaat Dan Keutamaan Membaca Surat Al Zalzalah

3. Bulan Penuh Pengampunan

keutamaan lain dari bulan Ramadhan yaitu bulan dimana pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup. Oleh sebab itu, Allah Ta’ala mengampuni setiap orang yang bertaubat di bulan ramadhan ini. “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari AllahTa’ala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari).

4. Bulan yang Terdapat Malam Lailatul Qodar

Apakah itu malam Lailatul Qodar? malam lailatul qodar adalah malam dimana Allah Ta’ala menurunkan ayat-ayat pertama dalam Al-Quran. Pada malam lailatul Qodar ini, Allah Ta’ala juga menugaskan kepada malaikatnya untuk turun ke bumi dengan berbagai macam tugas, salah satunya yaitu memberkahi orang-orang yang beribadah kepada Allah Rabbul ‘alamiin.

5. Dibelenggunya Setan-Setan

“Ketika masuk bulan ramadhan maka setan-setan dibelenggu, pintu-pintu syurga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup.” (HR Bukhari dan Muslim).

6. Bulan Dilipatgandakannya Pahala

“Setiap amalan yang dilakukan oleh manusia akan dilipat gandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman, kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku, Aku sendiri yang akan membalasnya, disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan untuk-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan, yaitu kebahagiaan ketika ia berbuka dan kebahagiaan ketukan ia berjumpa dengan Allah Ta’ala. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa itu lebih harum disisi Allah Ta’ala daripada bau minyak kasturi.” HR. Bukhari Muslim.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Manfaat Membaca Bismillah Pada Bulan Ramadhan yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dengan demikian, dalam bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, penting bagi umat Islam untuk memperbanyak amalan-amalan yang membawa kebaikan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satu amalan sederhana yang memiliki manfaat besar adalah membaca Bismillah sebelum melakukan segala aktivitas.

Baca Juga:  Amalan Surat Al Baqarah Ayat 256 - 260

Bismillah bukan sekadar rangkaian kata-kata, tetapi juga simbol keimanan dan kepercayaan kepada Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Dalam kehidupan sehari-hari, membaca Bismillah dapat menjadi pijakan yang kokoh untuk memulai setiap langkah dengan penuh keberkahan dan ridho-Nya.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi kita semua untuk lebih mendalami makna dan manfaat dari membaca Bismillah, terutama di bulan Ramadhan ini. Mari kita tingkatkan ibadah kita, memperbanyak amalan baik, dan terus mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam setiap langkah hidup kita. Dengan Bismillah, kita berharap agar setiap amalan kita diberkahi dan diterima di sisi-Nya. Taqabbalallahu minna wa minkum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *