Wirid Bismillah 786 Kali

Wirid Bismillah 786 Kali: Khasiat dan Cara Mengamalkan

Posted on

SlingaDigital – Wirid Bismillah 786 Kali: Khasiat dan Cara Mengamalkan. Pernahkah Anda mendengar tentang wirid Bismillah sebanyak 786 kali? Bismillahirrahmanirrahim, kalimat pembuka dalam Al-Quran yang artinya “Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang,” memiliki keistimewaan dan kekuatan luar biasa dalam agama Islam. Wirid Bismillah dengan pengulangan sebanyak 786 kali telah dikenal sebagai salah satu bentuk dzikir dan amalan spiritual yang memiliki manfaat besar bagi kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel kali ini, SlingaDigital akan memberikan informasi lebih dalam mengenai wirid Bismillah 786 kali, termasuk khasiatnya dan cara mengamalkannya. Simaklah dengan saksama, karena amalan ini dapat menjadi sarana spiritual yang memberikan keberkahan dalam berbagai aspek kehidupan Anda.

 

Pengertian Wirid Bismillah 786 kali

Wirid Bismillah sebanyak 786 kali adalah sebuah amalan dzikir yang umumnya dilakukan oleh umat Islam. Wirid ini melibatkan pengulangan kalimat “Bismillahirrahmanirrahim” sebanyak 786 kali. Kalimat ini adalah pembuka dari setiap surat dalam Al-Quran dan memiliki makna “Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Amalan ini dilakukan dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah, menguatkan ikatan spiritual, dan memohon berkah serta pertolongan-Nya dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak yang meyakini bahwa pengulangan Bismillah sebanyak 786 kali dapat membawa manfaat dan keberkahan, termasuk membantu mengatasi berbagai masalah, menguatkan iman, dan mendatangkan kebahagiaan.

Namun, penting untuk diingat bahwa amalan ini harus dilakukan dengan niat yang tulus, penuh keikhlasan, dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Amalan dzikir seperti ini sering dijalani dalam suasana yang tenang dan khusyuk, seraya merenungkan makna kalimat yang diucapkan.

Baca Juga:  Amalan dan Bacaan Doa Nabi Sulaiman Untuk Mengusir Jin

 

Khasiat Membaca Wirid Bismillah 786 kali

Membaca wirid Bismillah sebanyak 786 kali merupakan salah satu bentuk dzikir atau ibadah yang dilakukan oleh sebagian umat Islam. Meskipun tidak ada penjelasan khusus mengenai membaca Bismillah sebanyak 786 kali dalam ajaran Islam, namun ada beberapa keyakinan atau tafsiran masyarakat terkait dengan jumlah tersebut.

Beberapa masyarakat meyakini bahwa angka 786 memiliki nilai numerik yang signifikan, di mana huruf-huruf dalam kalimat “Bismillah” dijumlahkan dan menghasilkan angka tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa ini lebih bersifat kepercayaan lokal atau tradisional daripada ajaran agama yang ditetapkan.

Khasiat yang diyakini dari membaca Bismillah sebanyak 786 kali dapat bervariasi tergantung pada keyakinan masing-masing individu. Beberapa orang meyakini bahwa hal ini dapat membawa berkah, perlindungan, atau membantu dalam mencapai tujuan tertentu. Namun, penting untuk diingat bahwa kekuatan dan manfaat sejati dari membaca Bismillah terletak pada keimanan dan keikhlasan hati seseorang dalam beribadah kepada Allah SWT.

Sebagai prinsip umum dalam Islam, ibadah harus dilakukan dengan niat yang tulus dan penuh keikhlasan, bukan semata-mata untuk tujuan mendapatkan manfaat tertentu. Jadi, sambil menghormati tradisi dan keyakinan lokal, penting untuk memahami bahwa keberkahan sejati berasal dari Allah dan dilandaskan pada keimanan yang tulus.

 

Cara Mengamalkan Wirid Bismillah 786 kali

Untuk mengamalkan wirid Bismillah sebanyak 786 kali, berikut adalah tata cara yang dapat diikuti:

1. Amalkan wirid ini sebanyak 786 kali dalam 1 minggu (sepekan).

2. Dapat dibaca kapan saja selama 1 minggu, asalkan dalam satu waktu dan istiqomah. Sebagai contoh, kamu bisa membacanya setiap ba’da dzuhur (sebanyak 786 kali) dan ulangi pada hari ke-2 hingga hari ke-7 pada waktu yang sama, yaitu ba’da dzuhur.

Baca Juga:  Bacaan Shalawat Nariyah dan Keutamaannya

3. Ketika membaca “Bismillah,” bacalah dengan cara tartil. Perhatikan tajwidnya, makhorijnya, dan jangan terburu-buru. Bacalah dengan hati yang tenang, ikhlas, dan meresapi makna setiap katanya.

4. Beberapa ulama menyarankan untuk memulai amalan ini pada hari Selasa dan disertai dengan puasa biasa. Ini diharapkan agar Allah SWT memberkahi amalan ini dan mengabulkan segala hajat yang diinginkan melalui wasilah wirid Bismillah ini.

5. Setelah menyelesaikan wirid Bismillah sebanyak 786 kali, akhiri dengan membaca doa kunci yang berhubungan dengan “Bismillah.”

Pastikan bahwa amalan ini dilakukan dengan niat yang tulus, penuh keikhlasan, dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Amalan dzikir ini biasanya dilakukan dalam keadaan yang tenang dan penuh khusyuk, sambil merenungkan makna kalimat yang diucapkan.

Berikut adalah bacaan Wirid Bismillah

بسم الله الرحمن الرحيم

اللهم إني اسألك بفضل بسم الله الرحمن الرحيم ، وبحق بسم الله الرحمن الرحيم ، وبهيبة بسم الله الرحمن الرحيم ، وبمنزلة بسم الله الرحمن الرحيم. ، ارفع قدري ويسر امري ، واشرح صدري . يا من هو كهيعص حمعسق الم المص المر حم . الله لا إله إلا هو الحي القيوم بسر الهيبة والقدرة ، وبسر الجبروت والعظمة . احعلني من عبادك المتقين ، واهل طاعتك المحبين ، وافعل لي كذا…….. يارب العالمين . وصلى الله على سيدنا محمد وعلى اله وصحبه وسلم.

(Bismillahirrahmaanirrahiim)

Allahumma innii as-aluka bifadhli Bismillaahirrahmaanirrahiim,

wabihaqqi Bismillaahirrahmaanirrahiim,

wabihaibati Bismillaahirrahmaanirrahiim,

wabimanzilati Bismillaahirrahmaanirrahiim,

irfa’ qadrii, wayassir amrii, wasyrah shodrii, yaa man huwa,

Kaaf haa yaa ‘ain shood, haa miim ‘aiin siin qoof, Alif laam miim, Alif laam miim shood, Alif laam miim roo, Haa miim.

Allahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, Bisirril haibati walqudroti, Wa bisirril jabaruuti wal ‘adlomati , ij’alnii min ‘ibaadikal muttaqiin, wa ahli thoo’atikal muhibbiin.

Baca Juga:  Arti Allahyarham, Allahyarhamah, Allahyarhamhum Dan Allahyarhamhunna

Waf’al lii …….(sebutkan hajatnya)…….

Washollallahu ‘alaa Sayyidina Muhammadin wa ‘alaa aalihii wa shobihii wasalam.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang Wirid Bismillah 786 Kali: Khasiat dan Cara Mengamalkan yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dengan mengamalkan wirid Bismillah sebanyak 786 kali, kita telah memahami betapa besar keutamaan dan khasiatnya dalam kehidupan kita. Dzikir ini adalah salah satu bentuk ibadah yang mendekatkan kita kepada Allah SWT dan membuka pintu berkah serta kemudahan dalam segala hal.

Namun, perlu diingat bahwa amalan ini harus dilakukan dengan niat yang tulus dan khusyuk, serta dengan keikhlasan penuh. Ibadah bukanlah sekadar rutinitas, tetapi sebuah bentuk hubungan yang erat antara hamba dan Sang Pencipta.

Semoga amalan wirid Bismillah ini menjadi peningkatan spiritual bagi kita dan membawa berkah serta kemudahan dalam hidup kita sehari-hari. Teruslah berusaha, berdoa, dan bertawakkal kepada Allah dalam setiap langkah kita. Semua kebaikan datang dari-Nya, dan dengan Bismillah, kita membuka pintu kebaikan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *