Bangunan Bersejarah di Sidoarjo

10 Bangunan Bersejarah di Sidoarjo Untuk Wisata Edukasi

Posted on

SlingaDigital – 10 Bangunan Bersejarah di Sidoarjo Untuk Wisata Edukasi. “Pendidikan adalah kunci untuk membuka pintu kesuksesan.” Ungkapan ini telah mengilhami banyak individu untuk mengejar pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam dalam berbagai aspek kehidupan. Namun, edukasi tidak hanya terbatas pada lingkungan sekolah atau akademis. Hal ini juga melibatkan pembelajaran di luar kelas, di mana penjelajahan akan budaya, sejarah, dan warisan lokal memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman dan apresiasi yang lebih luas terhadap dunia di sekitar kita.

Menyimpan kaya warisan sejarah yang mencakup berbagai periode zaman, Sidoarjo tidak hanya memikat para pengunjung dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, tetapi juga dengan jejak-jejak bersejarah yang terpampang megah di antara perkembangan modernnya. Dari bangunan-bangunan klasik hingga situs-situs bersejarah yang menceritakan cerita masa lalu yang mengagumkan, Sidoarjo menawarkan pengalaman wisata edukasi yang memikat bagi para pelancong yang ingin menjelajahi pesona budaya dan sejarah Jawa Timur.

Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengembara melintasi zaman, menelusuri bangunan bersejarah yang memancarkan kebesaran masa lalu Sidoarjo. Dari peninggalan Kerajaan Majapahit hingga peninggalan kolonial Belanda, mari kita gali lebih dalam dan mengungkap kekayaan sejarah yang tersembunyi di setiap sudut kota ini. Siapkan diri Anda untuk perjalanan yang mendebarkan melalui waktu dan ruang, karena kita memulai petualangan untuk mengeksplorasi bangunan-bangunan bersejarah yang memukau di Sidoarjo.

Baca Juga:  Wisata Kuliner yang Mencengangkan: Menyelusuri Kelezatan di Warung Gunung Wonosalam, Jombang

Bangunan Bersejarah di Sidoarjo Untuk Wisata Edukasi

1. Candi Sumur

Candi di Sidoarjo ini merupakan candi peninggalan hindu yang terletak di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, sejauh 100-200 m sebelah barat daya dari Candi Pari. Dibangun pada tahun yang sama dengan Candi Pari, keduanya merupakan cagar budaya di Kabupaten Sidoarjo.

2. Candi Wangkal

Candi di Sidoarjo ini merupakan peninggalan bersejarah yang bercorak Hindu, yang terletak di Desa Wangkal, Kecamatan Krembung, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

3. Candi Tawangalun

Candi ini merupakan peninggalan masa klasik bercorak Hindu yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Candi ini lokasinya berada di Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Candi ini masuk dalam cagar budaya.

4. Pura Jala Siddi Amerta

di tempat-tempat pengunjung ini juga akan mendapatkan wawasan baru. Pura Jala Siddhi Amerta memiliki bangunan yang begitu mewah dan tidak kalah indah dari pura di Bali. Letaknya tidak terlalu jauh dari Juanda. Namun saat Anda berkunjung ke sini, ada baiknya Anda mengenakan selendang kuning. Pasalnya hal tersebut sudah menjadi ritual dan aturan yang ditetapkan sebelum masuk pura.

5. Candi Dermo

Candi Dermo merupakan sebuah peninggalan bangunan candi Hindu di Indonesia yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Candi ini terletak di Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Candi ini merupakan cagar budaya yang ada di Indonesia.

6. Candi Watu Tulis

Candi ini merupakan bangunan peninggalan sejarah bercorak Hindu, yang berlokasi Di desa Watutulis, Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

7. Candi Medali

Candi di Sidoarjo ini merupakan bangunan peninggalan masa klasik yang bercorak Hindu yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Candi ini berlokasi di desa Medalem, Kecamatan Tulangan, dan Kabupaten Sidoarjo.

Baca Juga:  Objek Wisata Kalidawir Sidoarjo

8. Candi Pamotan

Candi ini merupakan dua bangunan peninggalan agama Hindu di Indonesia yang terletak di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

9. Candi Pari

Candi Pari merupakan salah satu Candi di Sidoarjo yang berasal dari peninggalan kuno yang bercorak Hindu, yang berada di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

10. Candi Terung

Candi Terung dikenal dengan sebutan yaitu Candi Terung adalah candi bercorak Hindu yang terletak di Desa Terung Wetan, Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur.

 

Penutup

Itulah beberapa informasi tentang 10 Bangunan Bersejarah di Sidoarjo Untuk Wisata Edukasi yang bisa SlingaDigital Bagikan. Dari megahnya Candi Jawi hingga pesona mistis Makam Jayengrono, artikel ini telah mengajak kita dalam perjalanan menelusuri kekayaan sejarah Sidoarjo melalui 10 bangunan bersejarah yang menjadi penanda perjalanan panjang kota ini. Melalui bangunan-bangunan ini, kita tidak hanya diingatkan akan kejayaan masa lampau, tetapi juga diundang untuk mengeksplorasi nilai-nilai kearifan dan kebijaksanaan yang tersimpan di dalamnya.

Sebagai destinasi wisata edukasi, bangunan-bangunan bersejarah Sidoarjo tidak hanya menyajikan kisah-kisah yang memikat, tetapi juga membuka pintu bagi pembelajaran yang mendalam tentang sejarah, budaya, dan identitas lokal. Dengan menelusuri jejak masa lalu ini, kita tidak hanya memperkaya pengetahuan kita sendiri, tetapi juga memberikan penghormatan kepada para leluhur yang telah membangun dan membentuk kota ini menjadi apa adanya hari ini.

Sebagai warga Sidoarjo atau pengunjung yang tertarik pada sejarah dan pendidikan, mari kita terus menjaga dan merawat warisan berharga ini agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang. Kita sebagai penjaga warisan ini, memiliki tanggung jawab untuk melestarikan dan menghargai keindahan serta makna yang terkandung di dalamnya. Sidoarjo telah membuka pintu bagi kita untuk memahami sejarah dan kearifan lokal, dan mari kita terus memeluk dan merayakan warisan yang tak ternilai ini dengan penuh kebanggaan.

Baca Juga:  Tempat Yang Paling Cocok Untuk Bersantai Pada Malam Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *